Tagana Kaltim Simulasikan Penanganan Bencana

SAMARINDA - Peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2013 mendapat pelatihan simulasi tanggap bencana banjir bandang dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kaltim bertempat di GOR Serba Guna komplek Stadion Utama Palaran, Kamis (31/10). 

“ Peserta JPI  yang kami latih  sekitar 170 pemuda, dengan harapan setelah kembali ke daerah asal memiliki bekal ilmu  masalah penanggulangan bencana ,” kata Pembina Tagana Kaltim Ayik Hikmat di sela-sela memantau  kegiatan tersebut.

            Kemudian lanjut Ayi, ilmu yang didapat dari pelatihan ini, mampu dijabarkan pada  penanganan  banjir di daerah masing-masing. Selain itu,  juga, ilmu yang didapatkan  dapat ditularkan kepada rekan-rekannya,  baik  melalui sekolah atau di lingkungan keluarga.  Mengingat peserta yang ikut JPI,  ada yang memiliki daerah rawan banjir.

Pada kesemaptan itu juga  Tagana Kaltim memberikan pelatihan mental  kepada para pemuda agar sigap dan tanggap ketika  menghadapi bencana. “Melalui pelatihan ini diharapkan para pemuda dari seluruh Indonesia, lebih sadar tentang resiko bencana, mengingat datangnya bencana tidak diketahui kapan terjadi,” ujarnya.

Pihaknya melakukan simulasi dalam gedung (indoor), karena factor keamanan sesuai permintaan panitia, mengingat para peserta sebagian mungkin juga tidak pernah sama sekali ikut simulasi semacam ini.

Pada simulasi tanggap bencana seolah-olah dalam GOR tersebut  sebuah kampung  yang damai, namun secara mengejutkan dihantam banjir bandang akibatnya korban berjatuhan ada luka ringan, berat atau meningal dunia.

Melihat kondisi itu tim binaan Tagana dengan sigap menolong para korban untuk dievakuasi ketempat yang lebih aman sedangkan yang luka berat mendapat pertolongan medis dan segera dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

“Meski di dalam ruangan skenarionya kami dramatisir seolah-olah nyata dengan efek sound system suara gemuruh air dan jeritan para korban. Sehingga para peserta simulasi ikut terbawa suasana yang   membawakan peran sangat sempurna,” ungkap Ayi yang juga Kepala Seksi Penanggulangan Bencana Dinas Sosial Kaltim.(sar/hmsprov).

///FOTO : Suasana simulasi penanganan bencana yang dilakukan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kaltim.(sarjono/humasprov kaltim)

Berita Terkait