Tahap Awal Capai Target

Pembangunan Jembatan Kembar

SAMARINDA - Progres pembangunan Jembatan Kembar (Mahakam IV) yang berdampingan dengan Jembatan Mahakam Samarinda pada kontrak 2013 sudah rampung sesuai target kontrak yakni 33,8 persen pada akhir Desember.

"Sesuai kontrak pengerjaan pada 2013 sudah rampung, sehingga menunggu pengerjaan tahap ke dua  tahun anggaran 2014 dan sekarang ini proses tender dan kami berharap proses lelang secepatnya sehingga segera kembali dikerjakan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim HM Taufik Fauzi melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Proyek Jembatan Kembar (Mahakam IV)  H Tri Bakti Mulianto saat dihubunggi, Kamis (20/2).    

Menurutnya, penjelasan ini  juga merupakan jawaban pertanyaan masyarakat kenapa proyek jembatan Mahakam IV tidak aktivitas pengerjaan, karena memang tahap pertama sudah rampung menunggu proses yang kedua tahun anggaran 2014.

Jembatan ini lanjut Tri Bakti, memang dibangun secara bertahap dan nantinya terbangun empat tiang pylon  ditambah satu pylon  lagi untuk jalan pendekat sehingga nantinya ada lima pylon  untuk kokohnya kontruksi bangunan tersebut.

 "Sekarang ini  bisa terlihat  pylon bentang utama  sudah berdiri tegak yang kedua dasar Pylon juga sudah dicor begitu juga pylon yang  ketiga sudah selesai proses pemancangannya," jelasnya.

Diharapkan dengan terbangunnya jembatan tersebut, sisi utara dan selatan  Samarinda dapat terhubung oleh prasarana jembatan yang representatif sehingga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas.

Mengingat perkembangan kota Samarinda, yang semakin meningkat. Hal ini terlihat dari seringnya kemacetan dan antrean panjang kendaraan dari dan ke kota Samarinda lantaran kondisi Jembatan Mahakam yang ada sekarang sudah tergolong over capacity.

Sebagaimana diketahui, pembangunan Jembatan Kembar ini merupakan salah satu proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) ) di Kaltim. Jembatan Mahakam Kembar akan dibangun dengan panjang bentang 220 meter, lebar 16,9 meter dan tinggi clearance vertikal 22 meter.(sar/hmsprov).

//Foto: Pembangunan Jembatan Kembar Mahakam.

Berita Terkait
Government Public Relation