Tahun 2018, Tahun Penyempurnaan RPJMD Kaltim

Gubernur Awang Faroek Ishak memimpin rapat terbatas awal tahun 2018 jajaran Pemprov Kaltim. (seno/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan tahun 2018 merupakan tahun penyempurnaan pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2013-2018. Hal itu ditegaskan Gubernur pada rapat terbatas Pemerintah Provinsi Kaltim di Ruang Rapat Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (2/1).  Menurut Awang, tiga prioritas pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD 2013-2018 terinci ke dalam lima misi agenda utama pembangunan  Kaltim. “Jika dibandingkan kondisi Kaltim pada 61 tahun silam. Maka kita telah mengalami banyak perubahan dan kemajuan mengarah lebih baik,” katanya.

 

Walaupun masalah dan tantangan ke depan lanjutnya, semakin berat yang harus diatasi dengan baik serta memerlukan komitmen yang kuat memerlukan dukungan semua pihak. Capaian kinerja dan prestasi dalam pembangunan daerah selama ini tidak terlepas dari kerja keras jajaran pemprov bersama kabupaten dan kota didukung lembaga legislatif.

 

Awang berharap momentum peringatan HUT provinsi dijadikan ajang evaluasi dan menguatkan tekad, sehingga terwujud kemajuan dan kejayaan demi kesejahteraan rakyat. Awang optimis capaian kinerja tahun terakhir RPJMD Kaltim 2013-2018 mampu dituntaskan sesuai target-target yang telah ditetapkan bersama jajaran DPRD.

 

Disebutkan lima misi mewujudkan visi pembangunan 2013-2018 dengan spirit membangun masa depan ekonomi berbasis peningkatan nilai tambah SDA yang diperbarui. Pencapaian program prioritas mewujudkan kualitas SDM Kaltim yang mandiri dan berdaya saing tinggi menunjukkan kinerja yang baik.

 

Selain itu, pemprov terus memacu percepatan mewujudkan daya saing ekonomi yang berkerakyatan berbasis SDA dan energi terbarukan. Termasuk misi mewujudkan infrastruktur dasar berkualitas bagi masyarakat secara merata serta menciptakan tata kelola pemerintahan profesional dan berorientasi pada pelayanan publik. “Tidak kalah pentingnya mewujudkan kualitas lingkungan yang baik dan sehat serta berperspektif perubahan iklim,” ujar Awang Faroek.

 

Dia menambahkan semua SKPD di jajaran Pemprov Kaltim harus fokus sesuai tupoksi masing-masing serta membangun sinergitas yang kuat antar pemerintahan di daerah dan lembaga legislatif. Rapat terbatas dihadiri Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr Hj Meiliana, Asisten Perekomian dan Administrasi Pembangunan H Ichwansyah serta Asisten Administrasi Umum H Bere Ali. Tampak pula pada staf/tenaga ahli gubernur, kepala biro dan pimpinan OPD lingkungan Pemprov Kaltim serta Sekretaris DPRD Kaltim H Achmadi. (yans/sul/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation