Tahun Depan Produksi Padi Kaltim Ditarget 745.000 Ton

SAMARINDA – Terhadap target pemerintah untuk mencapai surplus produksi padi nasional sebesar 10 juta ton pada tahun 2014, pada tahun yang sama daerah ini ditarget bisa berkontribusi 745.000 ton.
“Dalam target surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014 itu ditargetkan Kaltim mampu berkontribusi 745.000 ton untuk beras nasional,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim H Ibrahim, Senin (4/11).
Penetapan surplus 10 juta ton besar nasional tahun depan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah ditegaskan melalui Aksi Bukit Tinggi. Gubernur Awang Faroek telah menyepakati untuk peningkatan produksi tanaman pangan khususnya padi.
Ibrahim mengakui dari target 745.000 ton pada 2014 itu maka saat ini sekitar 60 persen sudah terlaksana dan kurun waktu beberapa bulan kedepan target tersebut akan dapat dipenuhi seiring dengan semakin banyaknya cetak sawah yang dilakukan pemerintah daerah.
Selain itu, dukungan ketersediaan lahan dan sumber daya petani serta didukung penggunaan peralatan pertanian yang modern sangat menentukan keberhasilan kegiatan pertanian di Kaltim.
Sesuai dengan komitmen Gubernur Awang Faroek Ishak agar kegiatan pertanian dilakukan secara modern misalnya pengelolaan  lahan pertanian termasuk tata kelola lahan persawahan menggunakan teknologi terapan ramah lingkungan dan mesin  pertanian.
“Setiap tahun Pemprov terus memotivasi petani dengan dukungan bantuan bibit dan pembukaan lahan melalui cetak sawah serta pembinaan yang berkelanjutan bagi pelaku utama, sehingga produksi dan produktivitas dapat ditingkatkan,” ujarnya.
Bahkan tahun depan lanjutnya, khusus anggaran dalam mendukung pengembangan pertanian dalam arti luas akan alokasikan minimal 10 persen dari APBD provinsi.  
“Dukungan semua pihak sangat menentukan keberhasilan kegiatan pengembangan pertanian di Kaltim, terutama kebijakan yang berpihak pada tingkat lapang. Sehingga komitmen Gubernur Awang Faroek untuk meningkatkan alokasi angaran pertanian hendaknya mendapat respon positif khususnya dari para anggota legislatif,” harap Ibrahim. (yans/hmsprov)

///FOTO : Petani sedang memanen padi di sawah.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait