Tahun ini, Kaltim Masih Adakan Ujian Nasional

Foto : Ist

SAMARINDA- Tahun ini, Provinsi Kaltim masih melaksanakan ujian nasional (UN) dengan tujuan siswa selalu memiliki karakter yang baik dan semangat belajar dengan kriteria kelulusan selain berkelakuan baik dan mengikuti semester 1 sampai 6.

.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Anwar Sanusi mengatakan, hal itu sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang masih menggunakan Ujian Nasional.

.

"Pemerintah pusat sudah mencoba untuk penetapan kriteria kelulusan, yaitu berkelakuan baik, mengikuti semester 1 sampai 6 dan mengikuti Ujian Nasional. Tapi, sekarang dipermudah dengan tidak adanya USBN. Yang ada hanya Ujian Sekolah saja," kata Anwar Sanusi di Samarinda, Selasa (18/2/2020).

.

Hanya saja, lanjut Anwar saat ini terus melakukan komunikasi bagaimana kesepakatan pembuatan soal Ujian Sekolah yang belum ditetapkan.

.

Karena itu, tahun ini provinsi tetap menyiapkan pendataan maupun pengawasan dalam pelaksanaan ujian nasional. 

.

"Kita harapkan lulusan di Kaltim mampu menjadi SDM yang unggul dan berkualitas. Apalagi, kita sekarang telah dihadapkan dengan pengembangan ibu kota negara (IKN) baru," jelasnya.

.

Mendukung pelaksanaan tersebut, Anwar menyebut baru-baru ini Disdik menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019/2020 di Samarinda. 

.

Kegiatan diikuti 60 peserta terdiri Kepala Sekolah dari perwakilan 10 kabupaten dan kota se Kalimantan Timur .(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait