Tahun Ini Raperda PUG Rampung

SAMARINDA - Draft materi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan daerah yang rencananya akan disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) tahun ini dilakukan perbaikan setelah adanya masukan dari beberapa pakar hukum di Kaltim.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Ardiningsih usai Uji Publik Raperda PUG Dalam Pembangunan Daerah oleh DPRD Kaltim di Hotel Mulia Selica pada Senin (15/2).

Menurutnya, bukan hanya dari pakar hukum, namun dari pakar bahasa dalam menerjemahkan bahasa yang terdapat dalam materi Raperda tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam pemaknaan arti dalam isi Raperda tersebut.

"Perbaikan memang harus kita lakukan setelah uji publik ini. Ke depan, kami berharap nantinya Perda ini bisa diimplementasikan sehingga apa yang menjadi harapan kita semua dapat dikawal dengan adanya payung hukum melalui Perda ini," katanya.

Mengenai urgensi pelaksanaan Raperda itu, Ardiningsih mengatakan bahwa tujuan PUG itu yakni terselenggaranya program pembangunan nasional untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu juga untuk memastikan apakah perempuan dan laki-laki telah mendapat manfaat yang sama dari pembangunan serta dapat mempersempit bahkan meniadakan kesenjangan gender.

"Bagaimana kesetaraan gender itu dapat segera diwujudkan di Kaltim. Memang, kalau dari sisi eksekutif tidak ada permasalahan. Tapi, dalam sektor pembangunan inilah yang harus menjadi pertimbangan dan pemikiran kita semua sehingga semua program pembangunan dan semua program pemerintahan itu betul-betul memperhatikan kebutuhan masyarakat," katanya.

Ardiningsih meyakinkan, Perda PUG Dalam Pembangunan Daerah bisa dirampungkan  tahun ini. "Setelah uji publik ini, kita akan melakukan perbaikan-perbaikan. Kemudian kita lakukan konsultasi akhir ke jajaran di Kementerian Dalam Negeri," imbuhnya. (rus/sul/es/hmsprov)

 

     

Berita Terkait