Tahun Ini Tidak Ada Rekrutmen Calon Paskibraka

Ist

SAMARINDA - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim H.M Syirajudin  menegaskan  berdasarkan surat dari Kementerian Pemuda dan  Olahraga (Kemenpora) tentang  seleksi  rekrutmen calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  Nasional untuk tahun 2020 ditiadakan. 

"Mengacu pada surat Kemenpora tersebut otomatis rekrutmen calon Paskibra di tingkat provinsi juga ditiadakan. Termasuk rekrutmen  dua calon (putra-putri)  Paskibraka yang akan mewaliki provinsi di tingkat nasional juga ditiadakan," kata Syirajudin Jumat (12/6/2020).

Berdasarkan  surat dari Kemenpora tersebut, Dispora Kaltim harus melakukan hal yang sama. Rekrutmen calon Paskibra untuk Provinsi Kaltim tahun ini  dari kabupaten/kota juga ditiadakan.

"Terkait hal tersebut kita sudah bersurat kepada Dispora kabupaten/kota, dan tentunya juga diharapkan dapat mengacu surat edaran Kemenpora tersebut," tandasnya.

Terkait pelaksanaan Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, lanjut Syirajudin masih menuggu keputusan  pusat. Jika tetap dilaksanakan  seperti  tahun sebelumnya, maka Dispora sudah menyiapkan anggota  Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Kaltim. 

"Kalau keputusannya nanti peringatan HUT ke-75 Proklamasi RI  tetap dilaksanakan di GOR Madya Sempaja Samarinda, yang bertugas adalah anggota PPI Kaltim. Tentu mereka sudah berpengalaman, sehingga tidak perlu dilatih lagi, pada intinya kami siap apabila tetap dilaksanakan di lapangan," ujarnya.

Koordinasi juga sudah dilakukan dengan Biro Pemerintahan, Perbatasan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Kaltim terkait rencana tersebut. (umar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait