Tak Ada Corat-Coret dan Konvoi Kelulusan

Humasprovkaltim

SAMARINDA - Pandemi virus corona atau Covid-19 bukan hanya berdampak pada urusan kesehatan dan ekonomi, tapi juga pendidikan. 

Wabah ini pun menyebabkan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun ini ditiadakan. Nilai ujian akhirnya ditentukan melalui nilai semester pertama hingga semester lima.

"Tahun ini UN ditiadakan. Sedangkan nilai siswa diambil dari hasil semester awal hingga semester lima. Sementara penentuan kelulusan menjadi tanggung jawab sekolah masing-masing," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim Anwar Sanusi pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kantor Disdikbud Kaltim, Sabtu (2/5/2020).

Pengumuman kelulusan disesuaikan oleh masing-masing sekolah. Mulai secara online, radio yang telah ditetapkan maupun media yang bekerjasama dengan sekolah.

"Jadi tergantung sekolah mengumumkan bagaimana sistemnya. Yang jelas, pengumuman dilakukan serentak pada 2 Mei 2020. Dengan syarat tidak diumumkan di sekolah dengan kerumunan massa," jelasnya.

Para siswa juga dimbau tidak merayakan kelulusan dengan konvoi dan corat-coret. Mereka disarankan untuk menyumbangkan seragam yang tidak terpakai agar dapat dimanfaatkan  adik-adik tingkat mereka yang kurang mampu.(jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait