*Talkshow dan Kuliah Umum Publik Relation


SAMARINDA- Publik Relation (PR) atau hubungan masyarakat memiliki peran terdepan dalam menyampaikan informasi yang dimiliki suatu instansi pemerintahan atau swasta sebelum disampaikan langsung oleh para pimpinan instansi, mulai dari Gubernur, Bupati/Walikota maupun pimpinan perusahaan kepada publik.

 

Setiap PR baik di pemerintahan maupun swasta harus mengetahui perkembangan yang dilakukan manajemen organisasi di tempat mereka bekerja, sehingga informasi yang disampaikan ke publik dapat dimengerti.

“Karena itu, setiap PR harus mampu meningkatkan kualitas masing-masing, sehingga dapat menjadi bagian terdepan dalam menyampaikan informasi pimpinan. Ini pengalaman yang saya miliki ketika menghadapi para investor, ternyata banyak para investor PR nya bukan asli dari Negara mereka,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat membuka dan memberikan arahan kepada peserta Talkshow dan Kuliah Umum di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (2/6).

Menurut Awang, Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) di Kaltim diharapkan memiliki program yang dapat meningkatkan kemampuan para PR di daerah, agar mampu menyampaikan informasi perkembangan pembangunan daerah. Diharapkan melalui kemampuan PR berkomunikasi dengan baik dapat meningkatkan daya saing ekonomi Kaltim.

Mendukung peningkatan kualitas tersebut diharapkan Perhumas dapat bekerjasama dengan Unmul, sehingga kompetensi para PR semakin meningkat. Pasalnya, PR adalah orang-orang yang pintar dalam menyampaikan informasi pimpinan.

“PR harus banyak membaca, mendengar dan melihat kondisi perkembangan yang dilakukan organisasi, baik yang dilakukan pemerintahan dan swasta. Jadi, Perhumas di Kaltim harus mampu membuat program yang jelas,” jelasnya.

Selain itu, PR bukan hanya bisa menulis tetapi mampu menguasai informasi teknologi (IT). Apalagi IT saat ini semakin canggih. Terutama dalam menghadapi pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Saya yakin Perhumas mampu membangun PR berkualitas di Kaltim, sehingga dapat menyampaikan informasi yang jelas dan akurat kepada publik terutama masyarakat luar Kaltim maupun luar negeri yang datang,” jelasnya.(jay/humasprov) 

Berita Terkait
Government Public Relation