Talkshow Dies Natalis ke-55 Universitas Mulawarman, Unmul Menuju World Class University

Rusmadi menerima cinderamata dari Rektor Unmul Samarinda Prof Masjaya.(seno/humasprov kaltim)

 

Talkshow Dies Natalis ke-55 Universitas Mulawarman, Unmul Menuju World Class University

 

SAMARINDA – Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda menuju universitas bertaraf dunia atau world class university perlu upaya maksimal di jajaran internal perguruan tinggi negeri dan tertua di Kaltim ini. Hal itu diungkapkan Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi pada Talkshow Dies Natalis ke-55 Universitas Mulawarman di Ruang Rektorat Unmul Samarinda, Selasa (19/9).

 

Menurut dia, guna mewujudkan perguruan tinggi berkelas dunia banyak tahapan yang harus dilalui serta prestasi yang wajib dicapai. “Kita bersyukur Unmul sudah meraih akreditasi A dan peringkat ini bukanlah barang biasa,” katanya. Akreditasi A yang diraih Unmul merupakan akreditasi pertama di Kalimantan dan kedua setelah Sulawesi dari 1.900 perguruan tinggi se-Indonesia. Karenanya, visi yang telah ditetapkan didukung dengan tri dharma bhaktinya mampu membuktikan universitas ini bermanfaat bagi daerah dan masyarakat.

 

Visi Unmul menjadikan perguruan ini berkelas dunia menjadi kewajiban internal bersama seluruh pemangku kepentiungan termasuk dukungan Pemprov Kaltim. Salah satunya sebutnya, program Pemprov Kaltim mendukung terciptanya dosen atau pengajar berkualitas di Unmul melalui Program 100 Doktor (S3).

 

Selain itu dalam usianya 55 tahun ujar Rusmadi, selayaknya dijadikan momen evaluasi sudah berapa besar peran Unmul dalam mendukung percepatan pembangunan. Terlebih pembangunan yang berorientasi pada lingkungan dan kemajuan daerah guna peningkatan taraf hidup agar mencapai kesejahteraan masyarakat. “Unmul selain meningkatkan mutu sumber daya internal juga sejauhmana kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa agar lulusan menjadi sumber daya manusia (SDM) yang mampu berperan dalam membangun daerah,” jelasnya.

 

Oleh karena itu lanjutnya, visi Unmul 2032 mencapai World Class University dan misi Kaltim 2030 bagaimana membangun Benua Etam ini yang ekonominya tumbuh signifikan. “Namun disaat bersamaan lingkungan tetap terjaga yang merupakan produk atau perencanaan yang disampaikan dosen-dosen bermutu dari Unmul,” ungkapnya.

 

Rusmadi menambahkan visi akan lebih bermakna apabila dibarengi aksi dan itu menjadi bukti bagi masyarakat daerah terhadap upaya perguruan tinggi ini untuk Kaltim. Talkshow Unmul’s Visioner “How’s It Effectively Reached” selain menghadirkan pembicara Rusmadi juga HM Rizal Effendi (Walikota Balikpapan) dan H Isran Noor (Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Unmul). Hadir Rektor Unmul Samarinda Profesor Masjaya dan para pembantu rektor, dekan dan dosen serta jajaran akademisi dan mahasiswa Unmul Samarinda.(yans/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation