Taman Budaya Terbuka untuk Seniman

SAMARINDA - UPTD Taman Budaya Kaltim mempersilahkan para seniman mempergunakan fasilitas Taman Budaya sebagai tempat berkumpul dan bengkel seni agar para seniman baik seniman lukis, tari, musik, drama, penulis buku dan lain-lain dapat menghasilkan karya baru. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala UPTD Taman Budaya Kaltim, Moh. Guntur, Kamis (20/6).   
“Beberapa fasilitas di Taman Budaya memang dapat digunakan oleh para seniman untuk berkumpul dan berlatih. Kita berharap dari Taman Budaya ini  dapat dilahirkan  karya-karya seni baru,” ujarnya.  
Menurutnya, beberapa fasilitas yang ada di UPTD Taman Budaya bebas digunakan oleh para seniman, asalkan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Karena selain digunakan oleh insan seni, terkadang masyarakat juga menggunakan fasilitas UPTD ini.   
Diakuinya, Taman Budaya Kaltim memang memerlukan beberapa gedung baru seperti gedung teather, panggung seni dan renovasi gedung serbaguna agar lebih refresentatif bagi suatu tempat pertemuan.  
”Saat ini, contohnya gedung serba guna yang kondisinya sudah tidak layak bagi pertemuan maupun perlombaan, sehingga perlu direnovasi di beberapa bagian. Begitu juga dengan tata suara dan tata lampu yang perlu segera diperbarui,” harapnya.  
Untuk itu, Guntur mengharapkan dukungan dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kaltim dan DPRD Kaltim agar fasilitas di Taman Budaya ini dapat dilengkapi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan.  
Apalagi, Kaltim akan menjadi tuan rumah Temu Karya Taman Budaya tahun 2016 mendatang, dimana lebih dari  seribu orang penggiat seni di Indonesia akan berkumpul dan mementaskan karya mereka di atas panggung.  
"Jika beberapa fasilitas Taman Budaya dibenahi menjelang Temu Karya 2016 mendatang, bukan tidak mungkin Kaltim akan menjadi tempat yang berkesan bagi para seniman. Betapa tidak, karena pada tahun tersebut Kaltim telah memiliki Bandara Samarinda Baru dan jalan tol,” ujarnya. (yul/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation