Tambah 1 Kasus Positif dan 3 Sembuh tapi Masyaralat Diimbau Tetap Waspada

Dok.humaskaltim

 

SAMARINDA – Perkembangan terakhir hingga Ahad 17 Mei 2020 penyebaran Covid-19 di Kaltim, terkonfirmasi positif  254 kasus dan pasien sembuh jumlahnya 66 kasus dan meninggal 3 kasus.

Rinciannya adalah, terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 1 kasus dari Kutai Kartanegara, kemudian penambahan kasus terkonfirmasi sembuh sebanyak 3 kasus dari Balikpapan 1 kasus, Berau 1 kasus dan Bontang 1 kasus

Seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh karena dari hasil laboratorium BBLK Surabaya dinyatakan 2 kali dengan hasil negative serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala. 

Sehubungan dengan itu, Pemprov Kaltim melalui Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Kaltim H Andi Muhammad Ishak mengingatkan masyarakat tetap waspada dan melaksanakan anjuran pemerintah. Physical distancing dinilai menjadi salah satu kunci utama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

"Covid-19 memberikan dampak terhadap aktivitas masyarakat. Mengatasi corona kunci utamanya pada diri masing-masing, dengan tetap menjalankan anjuran pemerintah. Inilah upaya yang bisa kita lakukan di tengah pandemi ini. Jadi, tetaplah waspada, karena penularan masih bisa terjadi. Hal ini, karena kasus OPD juga masih terus ada," kata Andi ketika jumpa pers melalui aplikasi zoom cloud.

Dijelaskan, tetap waspada dimaksud adalah, masyarakat diminta dengan tetap berada di rumah, mulai bekerja, belajar dan beribadah di rumah, mengurangi aktifitas di luar rumah, menerapkan physical distancing dan menggunakan masker ketika berada di luar rumah, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menerapkan pola hidup sehat, serta mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin. 

"Kita juga meminta masyarakat yang keluarganya ada yang terkonfirmasi positif, agar terus memberikan dukungan dan semangat kepada pasien Covid-19. Karena hal itu sangat membantu dalam proses pemulihan pasien. Hindari stress dan tetap jaga kesehatan dengan teratur berolahraga. Mari jaga diri dan jaga sesama," jelasnya. (jay/ri/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation