Tanam 650 Bibit Pohon di Ruas Jalan Stadion Utama

SAMARINDA - Peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2013 yang beasal dari 33 provinsi dan sejumlah negara Asean diperkenalkan derngan program Kaltim Green  dengan melakukan penanaman 650 bibit pohon Trembesi (Samanea Saman) di kawasan sisi kiri dan kanan ruas Jalan Stadion Utama Palaran, Jumat (1/11).  
  "Kegiatan penghijauan ini memiliki makna sangat strategis dalam upaya memperbaiki lingkungan di kawasan Stadion Palaran. Upaya ini dimaksudkan agar para pemuda mengerti terhadap kelestarian lingkungan yang pada akhirnya dapat dinikmati generasi yang akan datang," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kaltim H Sigit Muryono di sela-sela penanaman.
  Dijelaskan, pada penghijuan ini, perwakilan peserta JPI  menanam satu pohon, setiap orang  sebagai bagian dari aksi pemuda yang peduli terhadap kondisi lingkungan.
  Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Kaltim Chairil Anwar mengatakan, program ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program yang dicanangkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak,  yakni Kaltim Green yang merupakan wujud dari upaya dalam menjaga lingkungan dan sekaligus merupakan bagian untuk menjaga Heart of Borneo yang merupakan paru-paru dunia.
  "Semoga dengan aksi ini kawasan Jalan Stadion Utama Palaran akan hijau dan rindang, aksi ini tidak berhenti sampai disini saja,  akan tetapi terus berkelanjutan, berupa perawatan agar pohon tersebut tumbuh dengan baik," ujarnya.
  Sebelum dilakukan aksi penanaman, Sigit Muryono secara simbolis menyerahkan bibit pohon  Trembesi kepada Heng Nam dari Vietnam. "Saya sangat senang dengan gerakan penanaman pohon, tentunya sebuah kenangan yang tidak terlupakan" kata Heng Nam.(sar/hmsprov).

///FOTO : Kepala Dinas Kehutanan Chairil Anwar dan Kadispora Kaltim Sigit Muriyono menyerahkan secara simbolis bibit pohon kepada peserta JPI dari Vietnam Heng Nam.(sarjono/humaprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation