Kalimantan Timur
Tanamkan Nilai Kepahlawanan Sejak Dini

ist

SAMARINDA - Perkembangan zaman globalisasi saat ini menuntut setiap masyarakat melek IT. Termasuk generasi muda. Namun demikian, hal itu jangan sampai menurunkan semangat jiwa kepahlawanan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk anak-anak.

Karena itu, pemahaman tentang kepahlawanan wajib ditanamkan kepada anak-anak, sehingga memiliki cinta terhadap tanah air.

"Kondisi perkembangan dunia IT jangan melunturkan semangat kita. Terutama dalam memberikan pemahaman kepada anak-anak sejak dini tentang kepahlawanan. Nilai-nilai kepahlawanan inilah yang harus diberikan, sehingga anak-anak tak luntur semangat kebangsaannya," sebut Kepala Dinas Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma (AHK) pada acara Penguatan Nilai Kepahlawanan Keperintisan melalui Guru dan Tokoh Masyarakat se-Kota Samarinda Tahun 2021 di Hotel Royal Park Samarinda, Rabu (16/6/2021).

Menurut AHK, nilai kepahlawanan keperintisan sudah sepantasnya dipahami generasi muda. Karena itu, melalui sosialisasi maupun seminar penguatan ini, AHK mengajak tokoh masyarakat, guru tingkat sekolah dasar sampai menengah atas serta karang taruna dan relawan sosial untuk bekerja sama membangun dan sosialisasikan itu. 

"Artinya, tujuannya adalah untuk meningkatkan taraf kesejahteraan, kualitas, dan kelangsungan hidup, memulihkan fungsi sosial dalam rangka mencapai kemandirian," jelasnya.

Selain itu,  memahami nilai-nilai kepahlawanan keperintisan juga meningkatkan ketahanan sosial masyarakat dalam mencegah dan menangani masalah kesejahteraan sosial.

Acara diikuti 60 peserta, terdiri dari tokoh masyarakat, guru tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas serta karang taruna dan relawan sosial. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait