Tanggulangi HIV/AIDS di Tempat Kerja

SAMARINDA – Seminar Sehari K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) mengangkat tema Penanggulangan HIV/ AIDS di tempat kerja digelar di Gedung Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda Senin (11/2).

Seminar dihadiri mahasiswa dan perwakilan seluruh kontraktor perusahaan pertambangan batu bara PT. Insani Baraperkasa dengan menampilkan narasumber; Frediyansyah dari Dinas Pertambangan Provinsi Kaltim dan dr Sri Purwantiningsih dari RS Atma Husada Mahakam serta moderator Muran Gautama dari PKBI Kaltim.

”Alasan dipilihnya tema penganggulangan HIV/AIDS di tempat kerja pada seminar ini adalah karena wilayah kerja PT. Insani Baraperkasa lokasinya berdekatan dengan sarana hiburan seperti lokalisasi,” kata Achmad Helmy Kepala Teknik Tambang PT. Insani Baraperkasa.

Menurutnya, seminar tersebut merupakan wujud dari dukungan pihaknya pada program Pemprov Kaltim yang berupaya mengurangi dampak berkembangnya penyakit HIV/AIDS.

Pada seminar tersebut diungkapkan, berdasarkan hasil survei Samarinda merupakan kota dengan tingkat tertinggi untuk kasus HIV/ AIDS se-Kaltim dengan jumlah penderita sebanyak 804 orang. Data tersebut dihimpun  hingga November 2012 pada Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Samarinda.

”Oleh karena itu kami merasa perlu untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai cara penanggulangan dan pencegahan penularan virus HIV/AIDS kepada karyawan sebagai tindakan pencegahan yang menurut data hampir 40,4% atau sebanyak 325 orang pengidap HIV/AIDS berasal dari pekerja swasta,” ujar Achmad Helmy.

Menurutnya, edukasi dan pemberian informasi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja tidak hanya dilakukan dalam even-even tertentu seperti seminar tersebut, tetapi sudah dilakukan secara rutin pada program safety talk yang dilakukan seminggu sekali dengan mengangkat tema-tema yang bersinggungan langsung dengan karyawan seperti halnya HIV/ AIDS.

Ditambahkan, PT Insani Baraperkasa berkomitmen menyelenggarakan acara Bulan K3 Nasional setiap tahun, Untuk tahun ini tema yang dicanangkan Pemerintah adalah : “Budayakan K3 di Setiap Kegiatan Usaha Menuju Masyarakat Industri yang Selamat, Sehat dan Produktif”.

Sementara itu, perusahaan ini selain menyelenggarakan seminar, beberapa rangkaian acara untuk memperingati acara K3 Nasional juga melaksanakan Upacara Bendera, Lomba Cerdas Cermat mengenai K3, Lomba Poster K3, Lomba kebersihan workshop. (*/hmsprov).

Foto: Para Pemenang lomba K3 dengan piala dan hadiahnya. (dok/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation