Target Luas Tanam Kaltim 45 Ribu Ha


SAMARINDA – Guna percepatan pencapaian swasembada pangan nasional, Kaltim luas tanam periode April-September 2016 (musim tanam kedua) ditarget seluas 45.700 hektar (ha).

“Sebagai dukungan Kaltim dalam mewujudkan percepatan swasembada pangan maka di musim tanam tahun ini kita ditarget 45,7 ribu ha,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim H Ibrahim pada Rakor Pangan Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung, Kedelai Kaltim 2016, Rabu (27/7).

Menurut dia, target pemerintah pusat melalui kegiatan upaya khusus tanaman pangan untuk Kaltim itu sesuai potensi yang tersedia di daerah. Namun lanjutnya, dari target tersebut hingga Juli ini sudah terealisasi 20.981 ha, berarti masih belum terealisasi sekitar 24.719 ha.

 Hal tersebut terjadi ungkapnya, karena ada beberapa daerah yang masih menghadapi kendala untuk melakukan penanaman, utamanya terkait masalah cuaca yang tidak menentu.

Walaupun demikian ujar Ibrahim, saat ini beberapa daerah yang merupakan sentra pertanian Kaltim sudah mulai melakukan penanaman. Misalnya, Kabupaten Berau dan Penajam Paser Utara termasuk Kutai Kartanegara dan Paser karena sudah memasuki musim hujan dengan intensitas curah hujan cukup baik.

“Harapan kita hingga akhir musim tanam nantinya luas tanam dapat tercapai sesuai yang ditargetkan ditandai dengan jumlah produksi padi tinggi,” harap Ibrahim.

Dia menambahkan tahun ini ada dua musim tanam yakni Oktober 2015 hingga Maret 2016 dan April-September 2016.

Untuk musim tanam pertama (Oktober-Maret) Kabupaten Berau dinyatakan sebagai kabupaten  yang telah menghasilkan produksi padi cukup besar serta mendapat penghargaan (hadiah alat mesin pertanian) berupa handtractor seitar 20 unit.

Rakor dihadiri pejabat penanggungjawab Upsus Kaltim dari Kementerian Pertanian Dr Jamil, Kodam VI Mulawarman dan Korem 091 Aji Surya Natakesuma, Kepala Dinas Pertanian kabupaten dan kota serta Komandan Kodim se-Kaltim. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait