Target Pendapatan Rp524 Miliar

Dispenda Kaltim Luncurkan Samsat Keliling dan Delivery


BALIKPAPAN - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kaltim bekerja sama dengan Dirlantas Polda Kaltim dan PT Jasa Raharja meluncurkan layanan Samsat Keliling dan Delivery. Peluncuran layanan wajib pajak kendaraan bermotor ini, dilakukan di Kantor Samsat Batakan Jl Mulawarman, Balikpapan Timur, Rabu pekan lalu.  
Ditemui usai peresmian dua layanan baru itu, Kepala Dispenda Kaltim, Eddy Kuswadi mengatakan, Samsat Keliling dan Delivery ini merupakan tindak lanjut dari seruan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak agar seluruh satuan kerja terus melakukan inovasi demi peningkatan kualitas pelayanan publik. Inovasi terbaru di Kota Balikpapan ini adalah  bentuk nyata peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi para wajib pajak.
“Layanan ini kami luncurkan untuk memudahkan masyarakat yang setiap harinya sudah sangat sibuk dengan aktifitas sehari-hari. Mereka bisa menggunakan dua layanan ini dan tidak perlu datang ke Kantor Samsat. Mudah-mudahan dua layanan baru kami ini akan membuat  masyarakat Balikpapan  lebih nyaman membayar pajak," kata Eddy Kuswadi.
Terkait jumlah layanan sejenis di Kaltim, Eddy Kuswadi menyebut, baru tiga kota yang telah menerapkan layanan tersebut, yakni di Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong. Meski begitu tidak menutup kemungkinan, semua daerah di Kaltim akan diberikan layanan serupa. Apalagi, wilayah dan daerah di Kaltim sudah berkurang karena terbagi setelah lahirnya Kalimantan Utara (Kaltara).
“Layanan Samsat Keliling dan Delivery ini  kami  harap akan membantu meningkatkan pendapatan daerah,” harapnya.
Sementara Dirlantas Polda Kaltim Kombes Rudy Sumardiyanto, mengatakan, pihaknya akan melanjutkan sinergi ini untuk membantu memudahkan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor mereka, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, diantaranya dengan operasi simpatik.   
“Kami akan menurunkan semua personil pilihan untuk bertugas di Samsat Keliling dan Delivery,” tegasnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala UPTD Dispenda Wilayah Balikpapan Hasbullah Hasbi menambahkan, bahwa dengan  penambahan layanan ini, dia yakin penerimaan daerah akan semakin meningkat karena wajib pajak akan mendapat banyak kemudahan untuk membayar.  “Tidak ada alasan lagi bagi wajib pajak untuk tidak membayar pajak,” tegasnya.
Untuk diketahui, bahwa sebelum diluncurkannya dua layanan ini, penerimaan sepanjang 2012 di UPTD Dispenda Kaltim Wilayah Balikpapan ini adalah Rp500 miliar. Dan untuk 2013 ini, penerimaan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) ditargetkan sekitar Rp 524 miliar.
Selain mengembangkan pelayanan dengan meluncurkan dua unit layanan baru, UPTD Dispenda Kaltim Wilayah Balikpapan juga meluaskan pelayanan sampai kepinggiran kota di antaranya di Samsat Induk Markoni Jl. Jenderal Sudirman, Samsat di Balikpapan Centeral (BC) Jl Jenderal Sudirman, Kebun Sayur di Jl. Letjend Supratpto, Drive True (Samping Jamsostek) Balikpapan Permai dan Samsat Payment Point di Bank Kaltim Manggar Jl Mulawarman.  “Kami optimis angka itu tercapai tahun ini," pungkas Hasbi.
Peluncuran dua unit layanan pembantu itu juga dihadiri Kasubdit Regident Polda Kaltim AKBP Noviar dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja Kaltim Drs I Ketut Suadnya. (sul/hmsprov).

/////Foto : Kepala Dispenda Kaltim H Eddy Kuswadi, Dirlantas Polda Kaltim Kombes Rudy Sumardiyanto (tengah) dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja Kaltim Drs I Ketut Suadnya menggunting pita saat launching Samsat Keliling dan Delivery. (ist)
 

Berita Terkait
Government Public Relation