Target Raih Lima Besar untuk Kaltim

Siswa Madrasah Ikut Kemah Pramuka di Magelang

SAMARINDA – Sebanyak 16 siswa Madrasah Aliyah yang tergabung dalam Gerakan Pramuka dipastikan mengikuti ajang nasional yang digagas Kementerian Agama berupa Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) yang digelar pada 11-15 Mei di Magelang, Jawa Tengah.

“Target  siswa-siswi kita mampu meraih prestasi terbaik minimal berada di lima besar. Kegiatan nasional ini merupakan pertama kali diselenggarakan Kementerian Agama,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim Drs H Saifi MPd usai membuka training center (pemusatan latihan) PPMN di MAN 2 Samarinda, Kamis (7/5).

Dalam ajang nasional itu lanjut Saifi, akan digelar berbagai lomba. Diantaranya, lomba ketangkasan dan kemampuan baris berbaris serta keterampilan juga disiplin dan kekompakan tim akan dilakukan penilaian untuk ditetapkan sebagai juara.

Selain itu, di perhelatan pertama siswa madrasah aliyah seluruh Indonesia ini diisi berbagai kegiatan berupa shalat lima waktu berjamaah, kuliah tujuh menit, tadarus Al Quran, shalat dan dzikir malam (qiyamullail) dan pengajian.

Ajang PPMN menurut Saifi sebagai implementasi Kurikulum 2013 yang mengamanatkan peningkatan dan pembentukkan karakter serta mental dan jiwa siswa didik yang diantaranya dilakukan melalui kegiatan Gerakan Pramuka.

Karenanya, Kanwil Kemenag melalui satuan pendidikan mulai madrasah ibtidaiah (sederajat sekolah dasar) dan madrasah tsanawiyah (sederajat SMP) hingga madrasah aliyah (sederajat SMA) terus digalakkan kegiatan kepramukaan.

Saifi berharap melalui kegiatan kepramukaan di satuan pendidikan mapu meningkatkan kemampuan dan kualitas diri generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Terlebih, mampu menggaungkan kembali semangat kebersamaan melalui budaya gotong royong masyarakat.

Dia mengakui semangat kebersamaan dan gotong royong sudah mulai terkikis seiring dengan tingginya arus budaya luar yang lebih pada individualism, sehingga melalui Gerakan Pramuka dapat terbentuk jiwa peduli lingkungan dan berorganisasi serta bermasyarakat.

“Kami sangat berkomitmen mendukung program pembangunan sumber daya manusia Kaltim yang berkualitas melalui pendidikan dan pembentukkan karakter serta terhindar dari penyalahgunaan narkoba yang dicanangkan Gubernur Awang Faroek Ishak,” jelas Saifi.

Training center PPMN Kaltim menghadirkan pelatih dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim. TC dilaksanakan selama tiga hari sejak 7-9 Mei dan diikuti 16 siswa madrasah aliyah se-Kaltim didukung dua orang pembina kontingen daerah serta dua orang Pembina pendamping.(yans/hmsprov)

///Foto: PASANG TARGET. Peserta PPNM Kaltim bersama Kanwil Kemenag Kaltim H Saifi (depan kelima dari kiri) dan pelatih dari Kwarda Kaltim.(ist)

Berita Terkait
Government Public Relation