Target Suket Tercetak Tuntas


SAMARINDA - Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Hj Halda Arsyad mengatakan alat cetak KTP elektronik (KTP-el) yang tersedia di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) se-Kaltim 57 unit.

 

"Kaltim menargetkan bulan ini (Mei) seluruh surat keterangan (suket) dapat tercetak," ungkap Halda Arsyad usai mengikuti Rapat Koordinasi terkait Pelayanan Adminduk yang digelar Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara online melalui video conference diikuti 34 provinsi se-Indonesia, Selasa (5/5).

 

Menurut Halda, Disdukcapil kabupaten dan kota di Kaltim selama ini, terutama di saat pandemi virus Corona telah melakukan pelayanan online melalui pelayanan berbasis android, melalui Google Foam, WA dan Website.


Berdasarkan laporan harian kabupaten/kota per 4 Mei 2020, stok blangko KTP-el di kabupaten/kota se-Kaltim  38.310 keping dan total jumlah KTP-el 113.046 serta status print ready record (PRR) sebanyak 101. 
“Suket paling banyak di Kabupaten Kutai Kertanegara sebanyak 53.333, Balikpapan 23.224 dan Kutai Timur 16.464 dan Samarinda 10.499,” sebutnya.

 

Dalam arahannya saat Rakor, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengatakan layanan administrasi kependudukan dilaksanakan secara online hingga pandemi Covid-19 di Indonesia berakhir.

"Upayakan pelayanan tetap berjalan dengan baik. Jadi, permohonan dikirim online dan dokumennya dikirim online dengan format pdf dan penduduk bisa mencetak di rumah," jelas Zudan.


Zudan menambahkan layanan online ini dapat diakses melalui website atau mengunduh aplikasi di playstore, via WhatsApp dan SMS. (yans/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait