Target Terlaksana RAT 100 Koperasi Aktif

Target Terlaksana RAT 100 Koperasi Aktif

SAMARINDA – Kaltim telah berkomitmen menjadi Provinsi Penggerak Koperasi. Selaku instansi teknis maka Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMKM Kaltim akan melakukan pendampingan bagi 100 koperasi aktif  agar melakukan rapat anggota tahunan secara teratur.

“Peningkatan koperasi aktif targetnya 100 koperasi yang melakukan RAT. Sebanyak 25 koperasi di bebarapa daerah telah melakukan RAT pada bulan Januari lalu. Seperti Balikpapan dan Samarinda serta Berau,” kata Kepala Dinas Perindagkop UMKM Kaltim H Mohammad Djaelani didampingi Kepala Bidang Koperasi Rodi Ahnadi, Rabu (19/2).

Imbauan telah dilakukan Dinas Perindagkop Kaltim kepada seluruh dinas/instansi yang menangani koperasi kabupaten dan kota sejak akhir 2013 agar koperasi aktif melakukan RAT sejak awal 2014.Tindak lanjut imbauan tersebut, pihak Dinas Perindagkop Kaltim siap memberikan pendampingan diikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi anggota koperasi aktif guna meningkatkan kemampuan serta keterampilan dan pengetahuan pengelolaan koperasi.

Selain itu, pada tahun ini dimotivasi agar tumbuh koperasi unggulan di kabupaten dan kota se-Kaltim. Saat ini sudah ada satu koperasi yang menjadi unggulan yakni Koperasi Najmul Hayat Balikpapan.

Koperasi unggul ini bergerak di sektor produksi hasil pertanian komoditas tanaman pangan dan hortikultura atau pengembangan buah naga dengan berbagai keanekaragaman produk.

“Penumbuhan koperasi unggulan target minimal dua koperasi tahun ini, sehingga akan menjadi acuan bagi pengembangan koperasi-koperasi lainnya di Kaltim termasuk Kaltara khususnya koperasi aktif yang memiliki berbagai kegiatan usaha dengan produk,” jelas Djaelani. (yans/hmsprov)

 

Berita Terkait