Target Terwujud 1,7 Juta Hektare

Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit Tahap II di Kaltim

SAMARINDA _Menujusukses  tercapainya  target  pembangunan  subsektor  perkebunan      melalui program Sejuta Hektare  Sawit,  Dinas  Perkebunan  (Disbun)  Kaltim   focus      

melanjutkan  program  tersebut untuk wilayah Kaltim dan Kaltara menjadi 1,7 juta hektare.

“Pembangunan perkebunan sawit tahap II diperluas menjadi 1,7 juta hektare. Mengingat potensi kawasan dan keunggulah kewilayahan baik di Kaltim maupun Kaltara sangat besar, sehingga mencukupi target hingga tahun 2018,” kata Kepala Disbun Kaltim Hj Etnawati, Senin (23/2).

Subsektor perkebunan merupakan bagian dari program prioritas pembangunan Kaltim di sektor pertanian dalam arti luas. Diharapkan mampu meningkatkan tarap hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, program pembangunan dan pengembangan subsektor perkebunan ini akan berimbas pada pengentasan kemiskinan sekaligus pengurangan angka pengangguran di daerah dengan terbukanya peluang usaha dan kesempatan kerja.

“Sesuai komitmen Gubernur Awang Faroek Ishak bersama seluruh jajaran untuk meningkatkan program SKPD pro rakyat. Karenanya, Disbun sebagai salah satu instansi teknis merasa sangat berkepentingan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui program pengembangan komoditas perkebunan diantaranya kelapa sawit,” jelasnya.

Berdasarkan pola pembangunan maka kegiatan subsektor  perkebunan di Kaltim (termasuk Kaltara)  yakni pola perkebunan swadaya atau perkebunan rakyat (plasma) dan pola perkebunan besar swasta (PBS) dan pola perkebunan besar negara (PBN/PTPN XIII).

Disebutkan, hingga akhir 2013 pengembangan usaha perkebunan besar swasta telah dicadangkan lahan  (ijin lokasi) bagi 344 perusahaan dengan areal seluas 3.898.474,23 (3,9 juta) hektar atau 127 perusahaan sudah memiliki Hak Guna Usaha (HGU) dengan areal 1.136.280,23 hektar.

“Guna memantapkan pelaksanaan program ini maka pada Maret ini akan dilaksanakan pertemuan untuk meningkatkan sinergitas kabupaten dan kota untuk pengembangan kelapa sawit baik di kawasan Kaltim maupun Kaltara,” ungkap Etnawati. (yans/sul/es/hmsprov).

////FOTO : Kaltim terus mendorong pengembangan perkebunan sawit hingga mencapai 1, 7 juta hektare pada  2018.(dok/humasprov Katim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation