Tata Cara Pemberian Bantuan Sosial Disosialisasikan

Akibat Kurangnya Informasi Pergub Nomor 60 Tahun 2012

SAMARINDA – Setelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim dibentuk, pasca bencana bidang rehabilitasi dan rekonstruksi mengalami beberapa hambatan. Khususnya pada saat BPBD kabupaten/kota mengusulkan permohonan bantuan pasca bencana.

“Kondisi ini dikarenakan masih kurangnya informasi tentang Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 60/2012 tentang Tata Cara Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial Pemprov Kaltim," kata Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan dan Polhukam Ahmadi, saat membuka Sosialisasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana, di ruang rapat Tepian I Kantor Gubernur Kaltim, Senin (23/6).

Dijelaskan, tata cara pemberian hibah dan bantuan sosial, Pemprov Kaltim memberikan bantuan sosial kepada anggota atau kelompok masyarakat sesuai kemampuan daerah, yang dilakukan setelah memprioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib, dan ditujukan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan Pemprov dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalisasi dan manfaat untuk masyarakat.

"Pemberian bantuan sosial harus selektif dan memenuhi persyaratan penerima bantuan, bersifat sementara dan tidak terus menerus, kecuali dalam keadaan tertentu dapat berkelanjutan sesuai dengan tujuan penggunaannya," jelasnya.

Ditambahkan, apabila dana pemerintah daerah tidak memadai dalam melakukan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana, maka segera mengusulkan dana bantuan sosial berpola hibah ke Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB).

"Usulan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi bukan hanya aspek infrastruktur pembangunan, akan tetapi juga usulan harus didasarkan pada aspek kemanusiaan, aspek perumahan dan pemukiman, aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek lintas sektor," ujarnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi rehabilitasi dan rekostruksi ini diharapkan jajaran BPBD provinsi dan kabupaten/kota dapat memahami pedoman rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Kaltim. (sar/sul/es/hmsprov)

////FOTO : Jajaran BPBD Kaltim sedang melakukan simulasi penanggulangan bencana.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait