Taufik : Kami akan Terus Bekerja Demi Kenyamanan Rakyat

Peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-69

SAMARINDA–Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim Taufik Fauzi usai memimpim upacara peringatan Hari Bhakti PU ke-69, Rabu (3/12) mengakui tantangan dalam membangun infrastruktur di Kaltim semakin besar sehingga diperlukan sinergitas lintas sektor.

Menurut dia, Kaltim (tidak masuk Kaltara) masih merupakan provinsi yang memiliki luasan wilayah yang sangat besar serta struktur tanah yang labil, sehingga pembangunan infrastruktur memerlukan perhatian dan penanganan khusus.

“Pembangunan infrastruktur kita harus dilakukan secara sinergi baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dan kota dengan melibatkan lintas sektor. Masyarakat harus bersabar karena kami terus berupaya memaksimalkan capaian kerja,”  kata Taufik Fauzi dalam konferensi pers di ruang rapat Dinas PU Kaltim.

Misalnya, sarana dan prasarana jalan dan jembatan belum menunjukkan kategori baik secara keseluruhan. Kondisi jalan baik hanya sekitar 60 persen dan sisanya 39 persen belum baik sehingga menjadi tugas dan pekerjaan berat bagi jajaran PU Kaltim.

Selain itu,  jalan provinsi sepanjang 1.762 kilometer (termasuk Kaltara) namun nantinya setelah dilepas dari Kaltara masih ada sekitar 1.500 kilometer menjadi beban tanggungjawab pembiayaan APBD Kaltim.

“Sementara masyarakat tidak peduli, apakah jalan itu status tanggungjawab negara atau provinsi maupun kabupaten dan kota. Rakyat inginnya jalan-jaan itu mulus, baik dan nyaman dijalani. Ini merupakan tugas kita semua untuk memahaminya,” ujar Taufik.

Padahal lanjutnya, sumber dana yang dimiliki Kaltim dari APBD maupun alokasi anggaran yang dikucurkan melalui APBN sangat terbatas. Sehingga perlu penanganan secara prioritas tanpa mengesampingkan kepentingan masyarakat secara umum.

“Sinergitas yang perlu kita bangun yakni keterlibatan masyarakat atau pihak swasta dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur di daerah. Apa yang dilakukan Gubernur Awang Faroek Ishak melalui kerjasama dengan pihak swasta sudah sangat baik,” ungkapnya.

Karenanya, melalui momentum peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-69 Tahun 2014 ini menjadi ajang untuk melihat sejauh mana capaian etos dan semangat kerja yang dibangun Dinas PU selaku instansi teknis terkait pembangunan infrastruktur di daerah.

“Kami akan terus berupaya memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada masyarakat terhadap capaian kinerja yang dilakukan sebagai bentuk transparansi kerja. Selain juga tetap melakukan pembangunan secara berkelanjutan dan berkualitas,” ujar Taufik Fauzi.

Dalam konferensi pers itu, Taufik Fauzi didampingi Kepala Bidang Bina Marga, Kepala Bidang Tata Ruang, Kepala Bidang Pengairan, Kepala Satuan Kerja serta para Kepala UPTD wilayah Tengah, Selatan, Timur dan Utara. (yans/sul/hmsprov)

////Foto :  Kepala Dinas PU Kaltim Taufik Fauzi menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba prakarsa masyarakat dalam penataan ruang tahun 2014 dalam rangkaian Hari Bhakti PU ke-69 Tahun 2014. (JOHAN/HUMASPROV)
 

Berita Terkait
Government Public Relation