Tenaga Fasilitator Strategis Dukung Pembangunan

SAMARINDA-Peran tenaga fasilitator teknik sebagai ujung tombak kerja pemerintah di daerah dinilai sangat strategis untuk mendukung sukses pelaksanaan program pembangunan. 

Para fasilitator teknik memiliki peran penting untuk memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk mengatasi permasalahan daerah, khususnya di daerah-daerah pedesaan. 

Kemampuan para tenaga fasilitator teknik diharapkan dapat menyusun  perencanaan yang baik demi sukses penyelenggaraan pemerintahan di daerah, terutama program pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) daerah. 

“Peran fasilitator itu sangat penting. Apalagi, Kaltim memiliki daerah yang luas dan medan yang berat, bahkan kami pun masih kekurangan tenaga fasilitator. Karena itu, diharapkan pada 2014 kekurangan ini bisa kita tutup,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Efendi di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (7/11).   

Menurut dia, memang saat ini Kaltim masih kekurangan fasilitator, karena standar kualifikasi fasilitator yang dibutuhkan paling rendah Strata-1 atau sarjana. Karena itu, Pemprov Kaltim melalui BPM-PD mengusulkan kepada Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Menteri Dalam Negeri agar kualifikasi tersebut diturunkan, sehingga Pemprov Kaltim dapat memenuhi kebutuhan itu. Standar kualifikasi tersebut diharapkan minimal Diploma III atau D-III.

“Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini Pemprov Kaltim terus melakukan perekrutan tenaga fasilitator kecamatan maupun teknik,” jelasnya.  

Jauhar menambahkan, perekrutan tenaga fasilitator bertujuan menyukseskan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) untuk 2014 di Kaltim. Saat ini, Kaltim masih membutuhkan 4 tenaga fasilitator kecamatan dan 53 orang fasilitator teknik.

Sementara kuota tenaga fasilitator sebanyak 116 orang. Semua tenaga fasilitator akan ditempatkan di 10 kabupaten yang tersebar di 113 kecamatan.  Bagi masyarakat yang berminat, dapat menyampaikan permohonan langsung ke BPM-PD Kaltim, Jalan Kadrie Oening, Samarinda atau bisa mengirimkan lamaran via email ke pnpm_kaltim@yahoo.co.id.

Jika diterima, para tenaga fasilitator  itu menerima penghasilan mencapai Rp4 juta hingga Rp5 juta per bulan. (jay/adv)

Berita Terkait