Teralokasi Rp185 Miliar untuk MYC, Jalan ke Bandara APT Pranoto Dipermulus

Kondisi jalan dari dan menuju Bandara APT Pranoto di Sungai Siring akan dilebarkan dan dipermulus hingga ke Kabupaten Kutai Timur. Hal ini untuk memudahkan arus transportasi menuju bandara andalan Kaltim yang baru diresmikan, Kamis (24/5). Nampak jalan di Bukit Tersenyum (dulu, Gunung Menangis) yang

SAMARINDA – Jalan akses menjadi sarana utama pendukung kelancaran arus menuju Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Sungai Siring Samarinda. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR Pera) Kaltim HM Taufik Fauzi menyebutkan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp185 miliar. 

Hal itu diungkapkannya pada soft opening Bandara APT Pranoto di Sungai Siring Samarinda, Kamis (23/5). Pola pembiayaan pengerjaan pelebaran jalan akses bandara dari Simpang 3 Lempake Samarinda hingga Sangatta Kutai Timur (Kutim) secara multiyears contract (MYC). “Jalan akses ke bandara kita lakukan pelebaran dari Samarinda hingga Sangatta menggunakan pola MYC atau pembiayaan tahun jamak,” katanya. 

Taufik mengakui saat ini kegiatan masih dalam proses lelang dengan target paling lambat Oktober tahun ini pengerjaan pelebaran jalan sudah bisa dimulai.

Menurut dia, pelebaran ruas jalan Samarinda ke bandara untuk memudahkan akses masyarakat dari Samarinda dan Kutai Kartanegara. Sedangkan, pelebaran hingga mencapai arah Sangatta atau Simpang Km 10 Bontang untuk memudahkan akses masyarakat Kutim dan Bontang serta daerah sekitarnya ke bandara.

“Pengerjaan kegiatan khususnya pelebaran jalan akan kita mulai setelah mekanisme lelang selesai. Kegiatan akan kita percepat sehingga mobilitas masyarakat maupun distribusi barang ke bandara tidak mengalami hambatan,” ungkap Taufik.

Dia menambahkan pelebaran jalan akses bandara dikerjakan masing-masing sisi kiri kanan jalan Samarinda hingga arah Sangatta sekitar dua meter. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation