Terkait Penyaluran Bantuan Sosial Sebaiknya By Name By Address

SAMARINDA - Kesesuaian data tentang nama dan alamat (by name and by address)  sangat diperlukan untuk penyerahan bantuan sosial, termasuk  penyerahan bantuan bagi korban bencana. Hal ini sangat penting, apalagi tahun ini Pemprov Kaltim mendapatkan bantuan pusat melalui Kementerian Sosial dengan nilai alokasi mencapai Rp6 miliar.

Kesesuaian data nama dan alamat tersebut diperlukan, agar penyerahan bantuan tepat sasaran dan tepat anggaran. 

“Jika ada data yang tepat, maka pemerintah daerah akan langsung menurunkan bantuan kepada warga yang membutuhkan, sesuai data nama dan alamat yang diberikan oleh Ketua Rukun Tetangga (RT) di masing-masing wilayah atau tim lapangan di tempat kejadian bencana,” kata Kepala Dinas Sosial Kaltim Siti Rusmalia Idrus didampingi Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Ayi Hikmat di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (20/1).

Menurut dia, data yang tepat sangat diperlukan, agar pemberian bantuan tidak salah sasaran. Artinya, apabila data tersebut tidak tepat, maka bantuan yang diberikan bisa mengalami kekurangan, sehingga tidak menjadi masalah di lapangan.

“Terpenting adalah by name by address. Kalau itu bisa diterapkan, maka penyaluran bantuan pasti akan tepat sasaran," jelasnya.

Sementara terkait dukungan pemerintah pusat, Pemprov Kaltim menyambut baik, karena hal itu sangat membantu pemerintah daerah dalam memberikan bantuan kepada korban bencana, misalnya korban tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran dan banjir maupun bencana sosial akibat kerusuhan.

“Asalkan data lengkap, tim langsung turun ke lapangan. Diharapkan bantuan tersebut diterima per jiwa,” harap Awang.

Bantuan pusat bukan berupa alokasi dana tetapi dalam bentuk barang. Contoh, perlengkapan keluarga, matras, sarung dan makanan siap saji. Selain itu, tahun ini pusat juga memberikan bantuan beras sebanyak 30 ton, termasuk alat evakuasi, yakni kendaraan roda empat sebanyak delapan unit, perahu 12 unit dan tenda. (jay/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
 PKK Santuni Anak Yatim dan Dhuafa
PKK Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

03 Juli 2015 Jam 00:00:00
Sosial

Rakor Kerukunan Umat Beragama
Rakor Kerukunan Umat Beragama

08 Maret 2016 Jam 00:00:00
Sosial

Mahli Rialdy: Karyawan Swasta
Mahli Rialdy: Karyawan Swasta

02 November 2013 Jam 00:00:00
Sosial