Kalimantan Timur
Terus Bekerja

Dok.humaskaltim

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di semua level terus bekerja. Segala daya dan upaya tak henti dilakukan. Sosialisasi, imbauan, pemantauan, penjagaan dan penyerahan bantuan dilakukan demi mencegah kian meluasnya sebaran virus corona di Kaltim.

"Benar. Koordinasi kami lakukan setiap saat dengan kabupaten dan kota. Gugus Tugas di daerah pun tak henti bekerja dalam kewaspadaan yang tinggi," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) H Nazrin di  Samarinda, Selasa (12/5/2020).

Selain melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat secara umum, daerah juga melakukan upaya pencegahan dengan strategi masing-masing menyesuaikan karakteristik wilayah dan masyarakat setempat.

Dan bukan hanya kerja-kerja lapangan yang menjadi fokus kegiatan, di sisi yang lain Gugus Tugas juga harus bekerja benar secara administratif, termasuk dalam hal pelaporan dan  pertanggungjawaban penggunaan anggaran, sebagai dampak refocusing dan pengalihan anggaran.

Senin kemarin misalnya, Posko Induk BPBD Kota Samarinda melakukan konsultasi terkait Belanja Tak Terduga (BTT) dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

"Daerah lainnya pasti juga berkoordinasi. Sedangkan provinsi koordinasi dilakukan juga dengan Kejati dan BPK, selain BPKP," kata Nazrin.

Sementara data terbaru Covid-19 hingga Senin (11/5/2020) pasien sembuh bertambah 4 orang menjadi 38 orang. Kasus positif bertambah 7 orang menjadi 225 orang dan pasien meninggal bertambah 1 orang menjadi 3 orang. 

Sedangkan jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) bertambah 9 orang menjadi 687 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah 3 orang, sehingga keseluruhan sebanyak 8.832 orang. Dengan ODP yang selesai pemantauan sebanyak 8121 orang dan yang masih dalam proses pemantauan berjumlah 711 orang. (sul)

Berita Terkait