Terus Bersiaga Cegah Covid-19

Pandemi virus corona (Covid-19) benar-benar menyita perhatian dunia. Data Worldometers hingga Senin (27/4/2020), pukul 22.19 WIB, dilaporkan jumlah pasien terinfeksi virus berbahaya ini sudah menembus angka 3 juta jiwa, sedangkan angka kematian akibat Covid—19 mencapai 208.112 jiwa. 

Hampir semua negara bersiaga dalam pencegahan dan penanganan virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China tersebut.

“Monitoring kami lakukan setiap hari dari Sekretariat Posko Percepatan Penanganan Covid-19 BPBD Kaltim Jalan MT Haryono Samarinda,” kata Plt Kepala Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, H Nazrin, Selasa (28/4/2020).

Pemantauan dilakukan dalam dua shift. Shift pertama pukul 08.00 -16.00 Wita dan shift kedua  16.00-23.59 Wita. Semua kabupaten dan kota di Kaltim menjadi target pemantauan. Semua daerah menyampaikan infografis perkembangan Covid-19, salah satunya menggunakan media instagram Dinas Kesehatan masing-masing daerah.

Dari Kota Bontang dilaporkan, Senin kemarin, mereka melakukan rapat evaluasi bersama dan melakukan penjagaan akses ke luar dan masuk Bontang. Hal yang sama dilakukan di Kabupaten Kutai Timur, Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

“Sedangkan di Kabupaten Berau dilakukan patroli dan wajib lapor bagi orang yang memasuki kawasan Rumah Sakit Darurat (eks Hotel Cantika Swara di Jalan Pulau Panjang, Kelurahan Gunung Panjang, Kecamatan Tanjung Redeb),” ungkap Nazrin.

Selain itu, Bupati Berau H Muharram juga menyalurkan dana bantuan sosial warga terdampak Covid-19 di 13 kecamatan. Selain itu juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan kepada warga/penumpang dan kendaraan, sekaligus pengecekan suhu tubuh.

Sedangkan di Kota Balikpapan dilakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik, di antaranya di Mess Silva Lestari Hutan, Klandasan Ulu dan  Gunung Sari Ilir.

Sementara di Kota Samarinda, dilaporkan pembagian masker untuk masyarakat di Jalan Biawan, lokasi yang biasanya ramai saat Ramadan. (sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation