Tes Pengisian untuk Jabatan Lowong Dimulai

*Pengisian Jabatan Lowong Secara Terbuka Pemprov Kaltim

 

SAMARINDA Tes pengisian jabatan struktural eselon II, III dan IV di lingkungan Pemprov Kaltim yang lowong dilakukan secara terbuka. Tes dimulai 4 hingga 15 Maret 2013 di Samarinda. Sementara itu, materi tes terdiri dari tes psikologi dan  fit and proper test dengan jumlah peserta 235 pelamar dari 59 jabatan.

“Rinciannya, peserta eselon II mencapai 27 orang, eselon III 78 orang dan eselon IV 119 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim HM Yadi Robyan Noor, Jumat (1/3).

Menurutnya, tes berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.16/2012 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Struktural yang Lowong secara Terbuka  di Lingkungan Instansi Pemerintah, dan Surat Edaran Gubernur Kaltim Nomor 821.22/III.2-1118/TUUA/BKD-2013 tanggal 10 Januari 2013 perihal Tata Cara Pengisian Jabatan Struktural Eselon II yang Lowong secara Terbuka di Lingkungan Pemprov Kaltim.

 “Pada Senin 4 Maret ini, peserta akan mengikuti tes psikologi untuk melihat kompetensi masing-masing calon pelamar yang telah diverifikasi berkasnya. Tes tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Kehutanan Pemprov Kaltim di Samarinda. Tes psikologi ini diberlakukan untuk peserta yang melamar jabatan struktural eselon III dan IV yang lowong,” kata Yadi Robyan Noor.

Seluruh peserta ujarnya, wajib hadir mengikuti tes tersebut. Sedangkan mengenai siapa saja peserta yang akan dipanggil untuk mengikuti tes, bisa melihat informasi di website BKD Kaltim, yakni www.kaltimbkd.info. Informasi tersebut sudah disampaikan melalui undangan dan website BKD Kaltim, sejak 1 Maret lalu. 

Ditegaskan, dengan adanya tes tersebut, maka secara otomatis sudah diberlakukan skoring normatif bagi peserta. “Jangan sampai ketika pelaksanaan tes mereka tidak hadir atau malah bepergian ke luar kota. Jika perlu, perjalanan dinas keluar kota ditunda dulu,” tegasnya.

Peserta tes wajib hadir satu jam sebelum pelaksanaan, yakni dimulai pada pukul 08.00. Karena, peserta harus melakukan registrasi terlebih dulu. Sementara, pakaian yang digunakan peserta adalah, pakaian dinas yang berlaku pada hari tersebut, yakni pakaian Linmas.

Tes psikologi dilaksanakan selama dua hari, yakni 4-5 Maret 2013. Artinya, pelaksanaan tes psikologi bagi pelamar untuk jabatan eselon IV dilaksanakan satu hari dan eselon III dua hari, karena harus mengikuti mini tes, yakni diskusi.

“Untuk tes wawancara atau fit and proper test dilaksanakan pada 6-9 Maret 2013 yang diikuti pelamar jabatan struktural eselon II hingga IV. Pelaksanaannya digelar di kantor BKD Kaltim, dimulai dari pukul 08.00 hingga 22.00. Diharapkan, seluruh peserta dapat hadir satu jam sebelum tes dimulai. Sedangkan mengenai jadwal tes fit and proper test dapat dilihat pada website BKD Kaltim atau pada undangan yang sudah diterima masing-masing sejak 1 Maret ini,” ungkapnya.

Sesuai jadwal, lanjut dia, pelaksanaan tes wawancara, khususnya bagi pejabat struktural eselon II akan diawali bagi pelamar jabatan Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD), yang dimulai sejak 08.00-11.00. Kemudian disusul pelamar jabatan eselon II yang lainnya.

Setelah dilakukan tes tersebut, masa sanggah tetap dilakukan sejak 18-24 Maret 2013. Karena, pengumuman pejabat yang akan mengisi jabatan telah disampaikan. Pengumuman tersebut disampaikan di website BKD Kaltim.

“Kami mengimbau kepada seluruh peserta aktif mengunjungi website BKD Kaltim, sehingga mengetahui perkembangan informasi terbaru,” jelasnya.

Menurut dia, pelaksanaan tes ini sebagai bukti bahwa Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Wagub Farid Wadjdy berkomitmen kuat untuk meningkatkan kualitas kinerja pegawai di lingkungan Pemprov Kaltim. Apalagi Kaltim saat ini menuju Zona Integritas, sehingga hal itu harus dilakukan. (jay/hmsprov)

Foto: Yadi Robyan Noor

Berita Terkait