Tetap Perhatikan Protokol Kesehatan, Tren Kesembuhan Kasus Covid-19 di Kaltim Terus Meningkat

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi di acara resepsi pernikahan. (ist/humasprov kaltim).

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Isran Noor terus memberi contoh kepada masyarakat untuk senantiasa memakai masker di mana berada dan ke mana pun pergi. Seperti pada Sabtu (31/10) lalu, Gubernur didampingi istri Hj Norbaiti menghadiri resepsi pernikahan pasangan Muhammad Reza Fidaus (Reza) dan Hadratul Agutaniah (Nia) di Hotel Bumi Senyiur, Jalan Diponegoro, Samarinda.

 


Reza merupakan putra dari pasangan H Pantehadi Rahmadi dan Hj Maysarah, sedangkan Nia putri dari pasangan H Ambo Dalle dan Hj Siti Darmi. 

"Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Cepat dapat momongan, biar kakek dan neneknya cepat menggendong cucu," pesan Isran Noor pada resepsi pernikahan yang  juga dihadiri Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi beserta istri Hj Erni Makmur.

 

 

Sementara itu di kesempatan terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim Yudha Pranoto, Ahad kemarin mengatakan, Kaltim terus menunjukkan tren positif dalam penanganan Covid-19. Hal ini terlihat dari angka kesembuhan yang terus berada di atas angka kasus baru Covid-19.

"Kita sangat gembira, karena tren kesembuhan terus meningkat di akhir Oktober ini," katanya.

 

 

Tingkat kesembuhan hingga Sabtu (31/10) mencapai 78,5 persen. Peningkatan persentase kesembuhan terjadi menyusul tambahan 270 kasus sembuh dan 116 kasus positif. Sedangkan pada Ahad (1/11) kasus positif 168 dan sembuh 184 kasus.

 

 

Secara keseluruhan total terkonfirmasi positif mencapai 14.259 kasus, 11.250 kasus sembuh, 487 kasus meninggal dunia dan masih dalam perawatan 2.522 kasus.

Selain kesadaran pasien dan kerja keras para tenaga kesehatan, kontribusi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan juga tak kalah besar. 

 

 

Dengan begitu, jumlah kasus positif baru tidak akan lebih banyak dibandingkan kasus yang berhasil disembuhkan.

Kesiapsiagaan juga terus dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di semua daerah di Kaltim. Sabtu kemarin misalnya, Satgas Balikpapan melakukan operasi gabungan ke pusat perbelanjaan. 

Antara lain di Plaza Balikpapan dan e-Walk Balikpapan Super Blok. (BSB). 

 

 

Meski secara umum masyarakat sadar protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), tetapi ada saja pengunjung yang abai atau lalai. Personel Satgas pun segera datang untuk mengingatkan.

 

 

"Semoga di November ini kita bisa mencapai  kesembuhan 100 persen. Tidak ada yang tidak mungkin, jika semua dari kita mau berpikir positif. Berpikir positif untuk sembuh, dan berpikir positif untuk tidak tertular. Caranya, patuhi protokol kesehatan, terapkan 3M serta konsumsi makanan dengan gizi seimbang," tutup Yudha. (her/sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait