Tidak Hanya Penyakit Kejiwaan

SAMARINDA - Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam (AHM) terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak hanya bagi penderita terkait hal kejiwaan. Pelayanan juga diberikan kepada pasien umum lain  yang membutuhkan pengobatan di RSJD AHM.

"Kami mengajak masyarakat untuk mengubah pemahaman bahwa RSJD AHM tidak hanya melayani pasien kejiwaan. Tapi, juga ada pelayanan lainnya yang berguna bagi masyarakat. Apalagi, yang ingin berkonsultasi saja," kata Direktur RSJD AHM Fadhilla Munte, Jumat lalu.

Fadhilah menyebutkan bahwa pelayanan yang diberikan saat ini sudah semakin berkembang, diantaranya pelayanan rawat jalan psikiatri, pelayanan rawat inap psikiatri, pelayanan gawat darurat psikiatri, pelayanan rawat jalan dan rawat inap psikologi.

Selain itu, ada juga jenis pelayanan yang diunggulkan saat ini, ialah pelayanan model praktik keperawatan profesional, pelayanan rehalibitasi penyalahgunaan dan ketergantungan narkoba, klinik tumbuh kembang, terapi gangguan tidur, klinik berhenti merokok dan klinik hipnoterapi.

"Dengan sejumlah pelayanan yang dimiliki RSJD AHM saat ini, kami selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada semua pasien yang berkunjung. Kami selalu mengutamakan pelayanan yang dilandasi ketulusan dan ikhlas demi kesembuhan pasien," katanya.

Mengenai sosialiasasi kepada masyarakat terkait pemahaman RSJD AHM yang bukan hanya menerima pasien penyakit hal kejiwaan, Fadhillah menyampaikan bahwa RSJD AHM kerap melakukan promosi kesehatan yang merupakan kegiatan rutin yang bertujuan agar para pengunjung khususnya rawat jalan lebih memahami dan mengetahui layanan yang diberikan oleh RSJD AHM melalui presentasi, pembagian brosur, maupun berinteraksi secara langsung dengan pengunjung rumah sakit.

"Sudah empat tahun kegiatan promosi kesehatan ini dilakukan. Kami berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berobat di RSJD Atma Husada Mahakam dan menghilangkan imej tidak baik mengenai Rumah Sakit Jiwa ini," katanya. (rus/sul/humasprov

Berita Terkait