Tiga Bandara Kaltim Dikelola Angkasa Pura I

 

SAMARINDA – Dipastikan pengelolaan tiga bandar udara (bandara) di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) akan dipercayakan kepada PT Angkasa Pura (AP) I. Yakni dua bandara di Kaltim terdiri Bandara Samarinda Baru (BSB) yang akan berganti nama menjadi Bandara Internasional Aji Pangeran Temenggung (APT) Pranoto Samarinda dan Bandara Internasional Kalimarau Berau. Sedangkan satunya berada di Kaltara yakni Bandara Juwata Tarakan.

“Pengelolaan bandara di Samarinda, Berau dan Tarakan sudah diputuskan akan dilakukan AP I,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak usai pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (14/9).

Menurut dia, penyerahan pengelolaan bandara di daerah kepada Kementerian Perhubungan maupun swasta sangat strategis.

Terutama dalam upaya meningkatkan pelayanan agar lebih profesional. Selain, anggaran daerah tidak terbebani untuk membiayai kegiatan operasional bandara.

Apalagi lanjutnya, dikala daerah tidak memiliki dana untuk mendukung operasional dan pengelolaan bandara maka sebaiknya dikerjasamakan dengan pihak lain.

Termasuk beberapa bandara di perbatasan maupun daerah terluar tetap dikelola unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Perhubungan.

Misalnya, Bandara Datah Dawai di Kutai Barat, Bandara Long Bawan di Kabupaten Nunukan, Long Apung di Kabupaten Malinau serta Maratua di Kabupaten Berau.

“Bandara-bandara tersebut tetap dikelola UPT Kemenhub yang ada di Samarinda dan hal itu sudah ditegaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,” ungkap Awang Faroek. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation