Tiga Kota Besar Kaltim Terima Wahana Tata Nugraha 2012

SAMARINDA - Tiga Kota Besar di Kaltim yaitu Balikpapan, Bontang dan Tarakan akan mendapatkan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) 2012 kategori kota besar yang akan diberikan oleh Kementerian Perhubungan di Jakarta Senin pekan depan.
Piala Wahana Tata Tugraha adalah penghargaan dibidang perhubungan dan lalu lintas yang melibatkan ratusan kota di Indonesia dengan kategori kota besar, sedang dan kecil. WTN bertujuan sebagai sarana untuk memotivasi ratusan kota di Indonesia agar meningkatkan sarana dan prasarana perhubungan serta  lalu lintasnya.
Hal ini dijelaskan Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim, Machmud Samsul Hadi di ruang kerjanya Jumat (3/5).
Dijelaskannya, selain tiga kota menerima piala WTN terdapat dua kota lainnya yaitu Samarinda untuk kategori kota besar dan Tenggarong dengan kategori kota kecil yang memperoleh plakat. Plakat ini penilaiannya berada satu tingkat dibawah piala WTN untuk memotivasi kota tersebut meraih penghargaan yang lebih tinggi di tahun mendatang.
"Penyerahan piala WTN ini akan diserahkan langsung di Kementerian Perhubungan dengan mengundang walikota dan bupati penerima piala dan plakat yang rencanaya diserahkan pada hari Senin pekan depan," ujarnya.
Pemilihan peserta dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota dan provinsi dan jika memenuhi kelayakan akan diikutkan pada penilaian tingkat nasional. Adapun kategori yang dinilai antara lain adalah ketaatan berlalu lintas masyarakat, dukungan APBD kabupaten/kota terhadap sektor perhubungan dan lalu lintas, ketersediaan rambu-rambu lalu lintas, tikngkat kecelakaan, tingkat kedisiplinan dan lain-lain.
Penilaian WTN setiap tahun dimaksudkan agar kualitas perhubungan dan lalu lintas di kota-kota di Indoensia terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas sarana perhubungan dan pengetahuan masyarakat sebagai pengguna.
"Setiap tahun peserta dari kabupaten/kota terus meningkatkan kualitas pelayanan perhubungan dan lalu lintasnya. Untuk tahun 2013 selain Kota Balikpapan, Samarinda, Bontang, Tarakan dan Tenggarong, telah masuk usulan Kota Penajam. Diharapkan penilaian WTN ini memotivasi kabupaten/kota untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas perhubungan dan lalu lintasnya," harapnya.(yul/hmsprov).
 

Berita Terkait
Government Public Relation