Tiga Lokpri di Kaltim Masuk Target Pembangunan Perbatasan Nasional

SAMARINDA - Sedikitnya tiga kecamatan di Kaltim masuk dalam lokasi prioritas (lokpri) target pembangunan perbatasan dan pulau terluar skala nasional tahun 2017 oleh Badan Nasional Pembangunan Perbatasan (BNPP).

Kabid Peningkatan Pembangunan Infrastruktur BPPD Kaltim Agung Masuprianggono mengatakan bahwa lokpri yang telah ditetapkan itu yakni di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari di Kabupaten Mahakam Ulu dan Kecamatan Maratua di Kabupaten Berau.

"Karena telah menjadi lokpri. Maka, kami dari BPPD Kaltim akan mendorong terciptanya kebijakan dan regulasi terpadu untuk mempercepat penanganan infrastruktur pada wilayah lokpri tersebut," katanya.

Ada sejumlah penanganan pembangunan pada lokpri tersebut, diantaranya penanganan pembangunan jalan-jalan non status, jembatan, moda transportasi, elektrifikasi dan komunikasi, fasilitas-fasilitas produksi, kesehatan dan pendidikan.

"Kita akan dorong kementerian atau lembaga terkait untuk melakukan penyesuaian dokumen rencana strategis dan rencana kerja lokpri dapat terwujud," katanya.

Agung menambahkan bahwa BPPD Kaltim akan mendorong penguatan kelembagaan pengelolaan perbatasan negara di tingkat pusat dan daerah untuk meningkatkan kualitas koordinasi, konsolidasi dan integrasi dalam menyusun kebijakan, program kegiatan, pendanaan pembangunan dan monitoring serta evaluasi.

"Intinya, kami akan berupaya maksimal mendorong pemerintah pusat dalam penanganan pembangunan pada lokpri yang sudah ditetapkan di Kaltim dengan menuangkan usulan rencana aksi pembangunan infrastruktur fisik, pemerintahan, ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Kami berharap, penanganan pembangunan pada lokpri tersebut terlaksana dengan baik. Bukan hanya lokpri yang sudah ditetapkan oleh BNPP, kami juga akan mendorong pembangunan pada lokasi lain di wilayah perbatasan," pungkasnya. (rus/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation