Tindaklanjuti Kerjasama Pariwisata, Wagub Kunjungi Seychelles

ist

SEYCHELLES - Tindaklanjut pengembangan pariwisata Maratua. Pemprov Kaltim melakukan kunjungan kedua ke Republik Seychelles. Setelah sebelumnya kunjungan kerja dilakukan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor beserta jajaran pada Maret lalu. Kunjungan kedua kali ini dipimpin Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi dan diterima langsung Presiden Republik Seychelles Danny Faure.

Wagub Hadi Mulyadi didampingi anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kaltim Awang Faroek Ishak, Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri Nelson Simanjuntak, Utusan Khusus Negara Seychelles untuk ASEAN Nico Barito, Wakil Bupati Berau Agus Tamtomo, Kadis Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni, Kepala Biro Humas Setda Prov Kaltim Syafranuddin, Tenaga Ahli Gubernur Prof Zein Heflin dan Sekretaris Tim Percepatan Pengembangan Kepariwisataan Maratua Tri Murti Rahayu. 

Ini merupakan kunjungan teknis rencana pembangunan kepariwisataan di Pulau Maratua lebih dititik beratkan dengan manajemen pulaunya. Bagaimana mengelola lingkungan aman, nyaman dan bersih, penataan resort yang bagus dengan sanitasi air bersih. "Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Seychelles. Kedepannya, kerja sama bisa saling menguntungkan dan lebih ditingkatkan,” kata Hadi.

Sementara, Presiden Seychelles Danny Faure mengucapkan selamat datang dan seiring ditetapkanya Kaltim sebagai ibu kota negara (IKN) maka pariwisata juga harus ikut dikembangkan.

“Saya sangat mendukung janji Gubernur Isran Noor membangun youth center sekaligus pusat budaya Kaltim. Mendukung kerja sama BNN, Pemprov Kaltim dan Pemerintah Seychelles. Sampaikan salam saya kepada Gubernur Kaltim dan saya menganggap sebagai sahabat baik,” kata Danny. 

Awang Faroek Ishak sebagai anggota parlemen mendukung kerja sama di sektor kepariwisataan. Apalagi Kaltim sebagai member The Governors Climate and Forests (GCF) Task Force telah berkomitmen dalam masalah lingkungan bersih dan hijau.

Pada kesempatan ini Wagub beserta rombongan mengunjungi areal reklamasi di Seychelles untuk tenaga listrik teknologi kincir angin. Juga, pelabuhan bersandarnya kapal kapal pesiar dan kapal wisata. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation