Tindaklanjuti Kunker Morowali, Gubernur Pimpin Ratas

Gubernur Awang Faroek memimpin rapat terbatas sebagai tindak lanjut kunjungan ke Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) pekan lalu. (SENO/HUMASPROV)

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memimpin rapat staf di jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltim di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Senin (12/2).  Hadir mendampingi Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat HM Sa'bani, Asisten Administrasi Umum H Bere Ali serta Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah. Hadir pula kepala biro dan pimpinan OPD di lingkup Pemprov Kaltim. Rapat dalam rangka tindak lanjut kunjungan kerja Gubernur Awang Faroek ke kawasan ekonomi khusus Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Sulawesi Tengah (Sulteng). 

 

Gubernur meminta jajaran pemprov memberikan kemudahan perijinan dan kemudahan berusaha di Kaltim utamanya di kawasan industri maupun kawasan ekonomi khusus. "Sebaliknya, jangan ada kebijakan yang membuat orang takut berusaha dan berinventasi di Benua Etam," katanya. Bahkan lanjut gubernur, seperti Morowali atau IMIP dimana para investor membangun pabrik bahkan setelah beroperasi terlebih dulu baru penerbitan perijinan dilakukan kemudian.  

 

Gubernur meminta OPD lingkup Pemprov Kaltim khususnya instansi teknis melakukan inovasi dalam kemudahan berusaha di Kaltim selain memangkas perijinan yang terlalu banyak. Awang barharap agar tidak lagi para investor yang ingin berinvestasi di daerah terkendala berusaha karena hambatan perijinan yang terlalu banyak dan berbelit. "Saya yakin ratusan jenis perijinan dengan puluhan tahapan atau proses yang harus dilakukan investor akan mempersulit mereka berinvestasi karena memakan waktu yang lama. Karena itu, perlu ada terobosan dalam upaya menarik investasi ke daerah. Sinergi lintas OPD perlu dilakukan agar kemudahan perijinan bisa dilakukan bagi investor," harap Awang Faroek.

 

Selain itu, gubernur meminta para kepala daerah baik bupati maupun walikota serta DPRD bisa berkunjung ke Morowali agar melihat langsung dan memahami tentang pembangunan dan pengembangan kawasan industri terkait kemudahan berusaha. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait