Tingkatkan Hubungan Harmonis dengan Pusat

Tingkatkan Hubungan Harmonis dengan Pusat

 

SAMARINDA - Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi menegaskan Pemprov Kaltim terus berupaya meningkatkan hubungan yang harmonis dengan pemerintah pusat, sehingga tidak ada lagi ego sektoral yang terjadi di negara ini.

Sebab, untuk menyukseskan program pembangunan di setiap daerah perlu adanya hubungan yang baik antara pemerintah daerah dengan lembaga kementerian yang ada di negara ini. Misal, pembangunan infrastruktur, irigasi, kesehatan dan pendidikan.

“Karena pembangunan tersebut hanya ada di masing-masing wilayah dan kepala wilayah adalah gubernur, sehingga wajar jika ada hubungan yang harmonis antara pemerintah pusat dan daerah,” kata Rusmadi dikonfirmasi di Samarinda terkait pertemuan gubernur se-Indonesia dengan Menteri Dalam Negeri di Kemendagri.

Untuk menyukseskan program yang dilakukan pemerintah pusat maupun daerah, maka ke depan sudah seharusnya tidak ada ego sektoral yang terjadi di negara ini. Karena itu, ke depan jika memang ada kegiatan pemerintah pusat dilakukan di daerah, sudah sewajarnya pemerintah daerah, terutama gubernur mengetahui kegiatan tersebut.

Melalui hubungan yang baik, diharapkan kinerja pemerintahan di daerah maupun di pusat juga berjalan baik dan sukses. “Jadi, Pemprov Kaltim sangat menyambut baik apa yang dilakukan pemerintah pusat saat ini, yang berkomitmen untuk meningkatkan hubungan dengan daerah,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjelaskan hubungan pemerintahan pusat dan daerah dalam pertemuan dengan para gubernur se-Indonesia di Kementerian Dalam Negeri agar hubungan antara pemerintah pusat dan daerah harus diperbaiki. Dengan tujuan agar masing-masing harus meletakkan dasar-dasar pembangunan secara bersamaan. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (tengah) sesaat akan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Kabinet Kerja 2014-2019 bersama Gubernur se-Indonesia di Istana Negara Jakarta. (jaya/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation