Kalimantan Timur
Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi Sahlikada

Foto : Ahmad Riyandi

BALIKPAPAN - Rangkaian hari kedua pelaksanaan Rapat Kerja Teknis Staf Ahli Kepala Daerah (Sahlikada) 2020 diisi dengan pemaparan materi dan diskusi panel. 

.

Ada beberapa pemateri yang dihadirkan, salah satunya adalah Staf Ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr Hamdani, yang menyampaikan materi tentang "Kebijakan Penganggaran Program dan Kegiatan Staf Ahli Kepala Daerah 2020". 

.

"Hal ini menjadi menarik karena menyangkut hajat hidup orang banyak, yaitu staf ahli sendiri. Kebijakan penganggaran, kebijakan pendanaan bagi Sahlikada dalam APBD sangat penting untuk menunjang kegiatan staf ahli," ucap Hamdani. 

.

Pemateri lainnya adalah Direktur Perkotaan, Perumahan dan Permukiman Kementerian PPN/Bappenas Tri Dewi Virgiyanti yang menyampaikan alasan dipilihnya Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara (IKN) baru Indonesia, hingga rencana pembangunan dilokasi IKN. 

.

Selanjutnya, materi juga diisi dari akademisi Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya Malang, Dr Mohammad Nuh, yang menyampaikan tentang isu dan kebijakan sumber daya manusia berdaya saing era 4.0 menyambut IKN. 

.

Setelah penyampaian materi dan diskusi panel, peserta Rakernis Sahlikada melakukan kunjungan lapangan ke best practice Koperasi Korpri Terbaik Nasional milik Pemkot Balikpapan dan Pengelolaan Sampah TPAS Manggar yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Desember 2019. Selain juga kunjungan ke kantor media terbesar di Kalimantan, yaitu Kaltim Post. 

.

"Ini akan menjadi oleh-oleh yang dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi bagi staf ahli maupun staf administrasi tata usaha yang mengikuti rakernis. Sehingga dapat diimplementasikan di daerah masing-masing," jelas Staf Ahli Gubernur Kaltim bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah HM Yadi Robyan Noor, selaku panitia penyelenggara Rakernis Sahlikada 2020. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait