Tingkatkan Kepedulian pada Sesama

 Pemberian Santunan Anak Yatim di Masjid Lamin Etam

SAMARINDA- Kepedulian terhadap sesama umat muslim di Kaltim perlu terus ditingkatkan, namun demikian kepedulian tersebut diharapkan tidak hanya selama bulan Ramadhan, namun juga dapat dilaksanakan di luar bulan Ramadhan sesuai kemampuan yang dimiliki masing-masing

Hanya saja, selama Ramadhan perbuatan yang baik tentu mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Karena itu, Pemprov Kaltim mengajak seluruh umat muslim di Kaltim peduli terhadap sesama.

“Saya mengajak, mari kita tingkatkan kepedulian terhadap sesama, menolong mereka yang miskin dan menyantuni anak yatim. Jangan biarkan saudara-saudara kita yang lemah tersebut menjadi peminta-minta, menadahkan tangan di tempat-tempat umum. Apalagi di bulan yang suci ini, tentu pahala yang diberikan ketika kita peduli terhadap sesama akan dilipat ganda oleh Allah SWT,” kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali.

Hal tersebut dikatakannya ketika buka puasa bersama dan pemberian santunan anak yatim dan kaum dhuafa serta pembukaan festival ramadhan yang dilaksanakan pengurus Masjid Al Mu’min di Komplek Masjid Al Mu’min Lamin Etam Samarinda, Kamis (18/6).

Menurut dia, prilaku tersebut telah diajarkan Rasulullah SAW kepada umat di dunia, agar selalu memberi kepada sesama yang miskin. Karena itu, setiap muslim diharapkan tidak rakus, tamak atau bakhil. Artinya, dengan peduli, masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi dapat pula merasakan penderitaan orang lain dan berusaha menolong dan mengembirakan orang lain.

“Semoga apa yang telah dilakukan para dermawan selama ramadhan, khususnya yang memberikan santunan kepada pakir miskin dan anak yatim di Masjid Al Mu’min ini dapat menjadi inspirasi dan dorongan bagi umat muslim yang lain untuk peduli terhadap sesama. Karena, tangan di atas itu lebih baik dari pada tangan yang di bawah,” jelasnya.

Selain itu, dengan menyambut Ramadhan yang saat ini mulai dijalani umat muslim, diharapkan umat muslim dapat memperbanyak kegiatan positif. Misal, mengikuti pengajian-pengajian di masing-masing masjid atau majelis. Sementara bagi anak-anak selama Ramadhan dapat mengisi bulan suci ini dengan kegiatan perlombaan. Contohnya yang dilaksanakan Pengurus Masjid Al Mu’min Komplek Lamin Etam Samarinda.

Dengan mengikuti lomba-lomba tersebut, anak-anak dapat meningkatkan syiar Islam di daerah ini, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama setelah Ramadhan. “Saya yakin, dengan mengikuti kegiatan yang positif tersebut, ke depan anak-anak di daerah ini dapat menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan Negara, khususnya daerah ini,” jelasnya.

Menurut dia, bulan ramadhan adalah bulan suci yang ditunggu-tunggu kaum mulimin yang beriman. Pada bulan ini, diwajibkan kepada umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Karena, Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, karena Allah SWT menjanjikan ampunan dan ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Sementara, dengan berbuka puasa bersama yang dilaksanakan pengurus Masjid Al Mu’min diharapkan memberikan keberkahan kepada seluruh umat muslim yang mengikuti kegiatan ini dan dapat menjalin ikatan silaturrahim serta saling tolong menolong.

“Semoga apa yang telah dilakukan selama bulan ramadhan ini, terutama kepada dermawan yang memberikan santunan mendapatkan berkah. Karena Allah SWT tidak akan mengurangi sedikit pun rezeki umat muslim yang membantu sesama, terutama selama Ramadhan,” jelasnya.(jay/hmsprov)

//Foto: Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali menyerahkan santunan. (jaya/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait