Tingkatkan Kualitas Jusnalis, Pemprov Kaltim Beri Kuota Beasiswa Wartawan


SAMARINDA - Tidak ingin dianggap pilih kasih, akhirnya para jurnalis atau wartawan mendapat jatah (kuota) beasiswa melalui program Beasiswa Kalimantan Timur.

 

"Beasiswa juga untuk wartawan pak. Tapi mau kuliah bujur-bujur," kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi ketika coffee morning dengan pimpinan redaksi dan wartawan Kaltim di Rumjab Wagub Jalan Milono Samarinda, Selasa (28/1/2020).

 

Beasiswa bagi wartawan lanjutnya, untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi atau kuliah bagi jurnalis yang bisa menunjang profesi kewartawanan.

 

Sehingga wartawan di Kaltim juga kompeten dan profesional. Apalagi, Kaltim dijadikan ibu kota negara (IKN) baru Indonesia. "Tentu banyak hal yang harus kita persiapkan. Termasuk SDM jurnalis di daerah," ujarnya.

 

Wagub Hadi secara khusus meminta Dinas Pendidikan Kaltim mendata dan mencatat daftar wartawan yang ingin melanjutkan kuliah untuk profesi kewartawanan.

 

"Tolong Pak Kepala Dinas lah. Daftar dan catat wartawan yang mau kuliah. Terserah nanti, apakah pola beasiswa tuntas atau stimulan. Yang mau S1, S2 dan S3 sampai es teler, silahkan," ungkap Hadi.

 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Anwar Sanusi menjelaskan kriteria dan persyaratan yang sama diberlakukan bagi calon penerima beasiswa, tidak terkecuali wartawan.

 

"Selain kompetensinya (uji kompetensi wartawan/UKW) disertakan, juga akreditasi perguruan tinggi dan IPKnya. Serta beberapa persyaratan dan ketentuan lainnya. Yang pasti sesuai keinginan Pak Wagub Hadi, kita siap fasilitasi beasiswa bagi wartawan," ujarnya.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait