Tingkatkan Mutu Pendidikan Daerah

Evaluasi Hasil UN 2013

SAMARINDA-Hasil Ujian Nasional (UN) tahun akademik 2013/2014 harus menjadi evaluasi bagi setiap sekolah dan pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan mutu pendidikan di tahun-tahun mendatang.

“Dengan evaluasi tersebut maka pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan sekolah hendaknya dapat meningkatkan kompetensi siswa. Misal,  nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika siswa di salah satu sekolah tidak mencukupi rata-rata nilai UN yang ditentukan, maka mata pelajaran itulah yang harus ditingkatkan. Sehingga nilai yang dimaksud dapat mencukupi standar yang ditentukan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim.

Hal tersebut dikemukakannya usai membuka Sosialisasi Hasil UN TA 2013/2014 yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud di Samarinda, Selasa (30/9).

Hasil evaluasi UN menyebutkan sejumlah sekolah memiliki nilai di bawah standar rata-rata. Pun dari analisis itu juga dapat diketahui siswa yang seperti apa yang memiliki rasa kecemasan sehingga tidak mampu meraih nilai sesuai rata-rata standar ujian.

“Tujuan utama dari Ujian Nasional bukan mencari siswa yang meraih nilai tertinggi saja ataupun lulus 100 persen, tetapi pemetaan pendidikan. Misal, sekolah mana saja yang siswanya mendapatkan nilai di bawah standar agar mendapat perhatian,” kata Musyahrim.

Meningkatkan kompetensi tersebut, Pemprov Kaltim terus berupaya melakukan terobosan untuk mewujudkan pendidikan berkualitas. Langkah yang dilakukan yaitu meningkatkan kompetensi guru, melalui pelatihan guru bidang studi, baik Matematika, Bahasa Indonesia maupun IPA. Termasuk memberikan beasiswa kepada guru-guru di daerah yang belum memiliki kompetensi agar melanjutkan pendidikan strata 1 maupun strata II.

Untuk diketahui tahun ini khusus jenjang SMA, MA dan SMK di Kaltim meluluskan siswa dengan presentase 99,9 persen dari jumlah siswa 38.588 peserta lebih tinggi dari lulusan 2012/2013 yang hanya 99,6 persen. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation