Tingkatkan Pengabdian pada Bangsa dan Negara

//Foto: Suasana gembira Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama anggota Paskibraka Kaltim usai Pengukuhan di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim. (johan/humasprov kaltim).

 

Tingkatkan Pengabdian pada Bangsa dan Negara

 

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak seluruh masyarakat Kalitm, terutama generasi muda agar bersama-sama meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Generasi muda harus memahami bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini diraih dengan perjuangan yang sangat gigih. Mengorbankan harta benda bahkan jiwa dan raga. Tanpa perjuangan gigih para pahlawan, maka kemerdekaan Indonesia tidak mungkin dicapai. Oleh karenanya, dengan semangat itu diharapkan pengabdian terhadap bangsa dan negara hendaknya bisa terus digelorakan.

“Banyak cara untuk meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara ini. Misal, mengisinya dengan prestasi dan kerja keras dalam pembangunan di negari tercinta ini,” kata Awang Faroek Ishak usai Pengukuhan Tim Paskibraka Kaltim di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Jumat malam (16/8).

Saat ini kata Awang, Indonesia menyongsong usia 69 tahun. Bangsa ini telah melewati dinamika kehidupan. Mulai dari antisipasi ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan. Tantangan dari dunia politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

Semua memberikan pengalaman berharga bagi bangsa ini untuk menatap masa depan yang lebih baik. Mencapai kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Dinamika pembangunan dunia saat ini sudah sangat maju. Terutama di Kaltim, menunjukkan kearah yang lebih baik. Strategi pembangunan yang berpihak pada pertumbuhan ekonomi, pembukaan lapangan pekerjaan dan penuntasan kemiskinan telah dilakukan. Karena itu, dengan semangat yang tinggi diharapkan pengabdian terhadap bangsa dan negara ini terus meningkat,” jelasnya.

Mengenai Tim Paskibraka Kaltim, gubernur mengaku bangga karena melihat tim tersebut dalam kondisi sehat dan kuat. Dari wajah para anggota tim tampak terlihat keceriaan, kegembiraan, spirit dan keakraban dalam suasana persaudaraan yang sangat erat.

Selama latihan, mereka telah diberikan pendidikan disiplin yang kuat. Diharapkan hal itu dapat ditularkan kembali kepada masyarakat. Terutama kepada rekan-rekan siswa di sekolah masing-masing.

“Diharapkan setiap peserta tim dapat memupuk erat kode kehormatan latihan selama ini. Karena itu, kata-kata darma mulia Indonesia dan ikrar putra Indonesia agar senantiasa tertanam di dalam diri masing-masing sekaligus sebagai pengikat batin bagi mereka yang mengucapkannya. Kukuhkan kode kehormatan itu dalam jiwa setiap insan putra Indonesia sampai akhir hayat nanti,” seru Awang Faroek. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait