Tingkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

SAMARINDA - Puskesmas di seluruh Kaltim diminta terus meningkatkan peranan dengan memberikan layanan kesehatan ke masyarakat, termasuk memberi pengertian tentang pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.
"Keterkaitan  upaya menjalankan pola hidup bersih dan sehat dalam mewujudkan Kaltim Sehat 2013, pelayanan Puskesmas 24 jam maupun Puskesmas standar di kabupaten dan kota se-Kaltim harus terus ditingkatkan," kata Kepala Bidang (Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL)  Dinas Kesehatan Kaltim, dr Hj Achlia Dachlan belum lama ini.  
Dijelaskan, upaya menjalankan pola hidup bersih dan sehat tentunya  sebagai upaya pola  pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan juga mutlak harus dilakukan  semua masyarakat.   
"Banjir seringkali meninggalkan sampah yang berpotensi menjadi penyebab penyakit.  Sampah-sampah itu harus segera dibersihkan. Membiasakan pola hidup bersih dan sehat akan dapat mencegah berbagai macam penyakit," ungkapnya.  
Terkait cuaca ekstrim yang sering terjadi, diharapkan para ibu rumah tangga  rajin memeriksakan bayinya  ke Posyandu, menimbang berat bayi dan memberikan imunisasi, karena dengan imunisasi akan dapat mencegah penyakit seperti polio, campak dan hepatitis.
"Kalau  masyarakat  membiasakan pola  hidup sehat dan bersih, maka akan terhindar dari penyakit. Begitu pula, ibu-ibu yang rajin memeriksakan bayinya ke Posyandu, maka bayinya akan terhindar dari penyakit," ujarnya.
Sehubungan dengan pembangunan sektor kesehatan Kaltim, Pemprov juga telah menetapkan program prioritas, diantaranya meningkatkan jumlah dan kemampuan fasilitas pelayanan kesehatan, khususnya di daerah terpencil perbatasan dan kepulauan. Mengembangkan Puskesmas 24 Jam. Meningkatkan jumlah puskesmas dan RS yang terakreditasi dan mendapat sertifikasi ISO dan menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat. (sar/hmsprov).
 

Berita Terkait
Government Public Relation