Tingkatkan SDM Pengelola Olahraga

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia bidang keolahragaan di seluruh Kaltim agar kualitas pengelolaan olahraga dapat seragam dan berkelanjutan. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, H Sigit Muryono, menjelang Rakor Keolahragaan di Samarinda, Kamis (14/3).

Dijelaskannya,  upaya  peningkatan kualitas insan olahraga tersebut sangat mutlak dilakukan agar prestasi yang telah dicapai dapat dipertahankan. 

“Perlunya peningkatan SDM bidang keolahragaan ini sangat besar pengaruhnya terhadap kelancaran pelaksanaan dan pembinaan kegiatan keolahragaan di daerah ini. Sehingga dengan Rakor diharapkan dapat menyamakan program dan target yang akan dicapai dalam satu hingga lima tahun depan,” ujarnya. 

Rakor olahraga yang diikuti 14 kabupaten/kota   bertujuan mensinkronkan dan menyamakan persepsi antara Dispora Kaltim  dengan instansi bidang keolahragaan di kabupaten/kota  agar peningkatkan pembinaan olahraga tidak berjalan sendiri-sendiri. Rakor diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi program, pola pembinaan serta design peningkatan olahraga.

Seperti diketahui, keolahragaan di Kaltim maju pesat dalam beberapa tahun terakhir yaitu sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII 2008, dimana Kaltim berhasil menempati peringkat tiga nasional setelah Jawa Timur dan Jawa Barat. Sedangkan pada PON XVIII 2012 di Provinsi Riau, posisi Kaltim berada pada peringkat lima setelah empat provinsi di Pulau Jawa.

Sementara itu, persiapan Kaltim menghadapi PON XIV mendatang, Kaltim terus mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya melalui event-event keolahragaan baik di daerah maupun nasional.

“Kita harapkan dengan rakor keolahragaan ini dapat meningkatkan kemampuan SDA di Kaltim dalam pengelolaan olahraga yang akhirnya akan berujung pada peningkatan prestasi,” ujarnya. (yul/hmsprov)

Berita Terkait