Tingkatkan SDM untuk Bangun Kaltim

Tingkatkan SDM untuk Bangun Kaltim

 

SAMARINDA -Gubernur Gubernur Kaltim Dr H Awang Fareok Ishak mengatakan, penyerahan aset milik Pemprov Kaltim tidak lain sebagai upaya dalam  peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membangun Kaltim, sehingga ke depan diharapkan Unmul  bisa lebih unggul dari universitas lain yang ada di Indonesia.

Demikian dikemuakan Gubernur pada acara penyerahan Aset milik Pemprov Kaltim berupa tanah kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diterima Menristek dan Dikti Prof Drs Muhammad Nasir MSi PhD, di Lamin Etam Samarinda. Jumat (13/2).

"Kaltim bukan saja unggul dari sumber daya alamnya, tetapi diharapkan juga bisa unggul dari Sumber Daya manusianya, oleh karena itu jangan diragukan Kaltim dalam upaya peningkatan SDM," kata Awang Faroek Ishak.

Hal itu bisa dibuktikan lanjut Awang Faroek, karena setiap tahun Pemprov Kaltim terus menggulirkan  dana lebih satu triliun untuk mencerdakan anak bangsa melalui program beasiswa Kaltim Cemerlang. Bukan saja itu, Kaltim juga terus membangun lembaga pendidikan seperti Institut teknolgi Kalimantan (ITK) yang berada di Kota Balikpapan kemudian Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) yang berada di Kota Tenggarong (Kukar). Begitu juga dengan pendirian tinggi swasta seperti Universitas Nahdhatul Ulama (UNU) yang berada di Kecamatan Samarinda Seberang serta perguruan tinggi swasta lainnya.

"Komitmen dalam peningkatan SDM, tidak perlu diragukan lagi, karena kami tahu pada saatnya  nanti sumber daya alam yang ada di Kaltim lambat laut akan menipis bahkan habis, oleh karena itu peningkatan SDM mutlak harus dilakukan, agar Kaltim kedepan mampu mengatasi segala persoalan yang semakin berat," ujar Awang Faroek.

Acara penyerahan aset milik Pemprov Kaltim ditandai dengan penandatanganan berta acara serah terima hibah aset, kemudian penyerahan sertifikat dan dokumen kepemilikan dari gubernur Kaltim  kepada menteri riset teknolgi dan pendidikan RI, kemudian dari menteri kepada Rektor Unmul Samarinda. Acara itu diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari gubernur Kaltim kepada Menteri Ristek dan Dikti. (mar/hmsprov).    

Berita Terkait