Kalimantan Timur
Tips Anti Covid Ala Dokter Edy

Ist

SAMARINDA - Keingintahuan masyarakat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, menjadi rasa penasaran tersendiri sejak Covid-19 mewabah. Direktur RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dr Edy Iskandar membagikan tips melalui pesan whatsapp yang kini  beredar luas. 

 

 

Pengalamannya sebagai dokter dan sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19 membuatnya tergerak untuk membagikan tips kepada masyarakat.

 

 

“Pertama, perbanyak berdoa dan berserah diri serta sabar menjalani ujian saat ini,” ujarnya meletakkan kesabaran sebagai hal yang selalu kita utamakan.

 

 

Kemudian dokter Edy juga menganjurkan untuk olahraga ringan, berjemur selama 30 menit dan upayakan setiap minum, minumlah dengan air hangat.

 


“Dianjurkan juga minum jahe/jamu dan rempah serta vitamin C/multivitamin sebagai suplemen,” tambahnya lagi.

 

 

Cukup istirahat juga merupakan hal yang tak boleh diremehkan, selain ketat mengamalkan protokol kesehatan 3 M dan menjadikannya sebagai kebiasaan baru,  yakni Mengenakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan.

 

 

Hal yang menarik, dr Edy menganjurkan untuk membersihkan jalan  utama masuknya virus, yakni lubang hidung dan tenggorokan. Caranya dengan membersihkan lubang hidung dengan memasukan jari bercampur sabun lalu diputar/diratakan di dalam lubang kemudian dibersihkan dengan air. Untuk mulut dokter Edy menyarankan berkumur dengan antiseptic gargle atau obat kumur lainnya dan dilakukan setiap 4 sampai 5 jam sekali.

 

 

Saat ditanya bagaimana dengan mata, ia menjawab, “Mata secara otomatis dibersihkan oleh air mata, setiap detik,” jawabnya.

 

Tips ini dianjurkan dokter Edy sebagai ikhtiar bersama untuk mencegah penularan Covid-19 yang  kian hari semakin mengkwatirkan. (inni/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait