TNI Ikut Berantas Tuberkulosis

SAMARINDA - Strategi pemberantasan penyakit tuberkulosis (TB) terdiri dari lima komponen, yaitu komitmen politis, analisis penyakit melalui pemeriksaan mikroskopis, pengobatan standar  bagi pasien, ketersediaan obat yang efektif, sistem monitoring pencatatan dan pelaporan pengobatan pasien.  
"Penyakit TB bukan masalah kesehatan semata, tetapi terkait dengan masalah sosial, ekonomi masyarakat dan faktor lainnya,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Politik Hukum Pemerintahan dan Keamanan,  Achmadi saat mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada acara Pencanangan Mobilisasai TNI di Wilayah Kaltim Tahun 2013 yang dilaksanakan di Pendopo Lamin Etam, Kamis (27/6).
Achmadi menambahkan, Pemerintah Provinsi Kaltim mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran TNI yang telah memobilisasi anggotanya untuk menjadi petugas pengendali TB di Kaltim, yang diawali dengan pelatihan bagi petugas fasilitas pelayanan kesehatan dan anggota TNI AD, AL, dan AU untuk menjadi Kader TB bagi daerah binaannya, yaitu Kota  Balikpapan, Berau, Kutai Barat, Malinau, Nunukan dan Tarakan.
Sementara itu, Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksamana Muda TNI Agus Purwoto mengatakan kegiatan mobilisasi merupakan kegiatan kedua setelah kegiatan serupa di Sulawesi Utara, sehingga diharapkan seluruh anggota TNI di Kaltim dapat berpartisipasi terhadap penyakit yang berbahaya namun mudah untuk disembuhkan dengan pengobatan yang benar dan teratur.
"Penyakit tuberkolosis bukannya penyakit yang harus disembunyikan keberadaannya oleh penderita. Penyakit ini harus diberantas dengan pengobatan yang benar dan berkelanjutan," ujarnya.
Acara ini juga ditandai dengan pengobatan massal untuk pemeriksaan penyakit TB bagi masyarakat Samarinda dan penyematan pin "Stop TB" serta penyerahan sertifikat kepada kader Mobilisasi TNI AD, AU dan AL di Kaltim. (yul/hmsprov)

//Foto: PEDULI KESEHATAN. Staf Ahli Gubernur Bidang Politik Hukum Pemerintahan dan Keamanan,  Achmadi menyalami Anggota TNI pada penyematan pin "Stop TB" serta penyerahan sertifikat kepada kader Mobilisasi TNI AD, AU dan AL di Kaltim.(yuliawan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait