TNI Ikut Berperan Berantas Peredaran Narkoba

SAMARINDA – Jajaran TNI di Kaltim sangat optimal dalam mendukung berbagai program pembangunan dan program-program lainnya yang telah ditetapkan pemerintah daerah.

Diantaranya, ikut terlibat dalam pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba (narkotika dan obat/bahan berbahaya) di Kaltim yang semakin marak terjadi.

Hal tersebut diakui Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada malam pisah sambut Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman di Balikpapan, Rabu (13/7).

“Jajaran TNI dan Polri bersama pemerintah daerah sudah terbangun soliditas yang kuat. Bahkan TNI ikut berperan dalam pemberantasan peredaran narkoba di Kaltim,” katanya.

Diakuinya, kinerja jajaran TNI sudah sangat besar terhadap perubahan dan kemajuan Kaltim bahkan masuk di berbagai lini pembangunan.

Diantaranya, pengamanan terhadap kedaulatan NKRI di wilayah Kaltim khususnya kawasan pedalaman, daerah terpencil dan terluar serta wilayah perbatasan.

Selain itu, TNI ikut membangun tiga bandara di wilayah perbatasan yang saat ini satu di Kaltim (Bandara Datah Dawai Kutai Barat). Dua  di Kalimantan Utara (Bandara Long Bawan Nunukan dan Bandara Long Apung Malinau).

Juga, TNI membangunkan infrastruktur di kawasan pedalaman berupa jalan dan jembatan. Salah satunya jalan tembus di wilayah Kutai Barat hingga Kabupaten Mahakam Ulu.

Termasuk pembangunan sarana telekomunikasi berupa tower (menara telekomunikasi) di kawasan perbatasan, sehingga kawasan blank spot di Kaltim berkurang.

“Tidak kalah pentingnya, TNI beberapa tahun terakhir ini telah menangkap pelaku pengedar narkoba lintas batas negara dengan jumlah besar. Kami sangat mengapresiasi atas kinerja TNI,” ungkap Awang.

Dalam kesempatan itu, gubernur juga mengimbau aparatur sipil negara maupun jajaran TNI/Polri serta anggota legislatif di  Kaltim secara berkala melakukan tes urin.

“Tes dilakukan dadakan tanpa pemberitahuan. Ini berguna untuk menciptakan aparat yang bersih dan tidak terjerumus narkoba,” ujarnya. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation