Kalimantan Timur
TP PKK Kaltim Gelar Vaksin Covid-19 Untuk Ibu Hamil

Foto : Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor didampingi Ketua POGI Kaltim Kaltara dr Handi Wiradarma menyaksikan proses vaksinasi Covid-19 kepada ibu hamil di Samarinda. (YUVITA INDRASARI/ADPIMPROV KALTIM)

SAMARINDA - TP PKK Kaltim  kembali menggelar  vaksinasi Covid-19, Rabu (8/9/2021). Kali ini target vaksinasi adalah ibu hamil, ibu nifas, lansia dan masyarakat umum. Vaksinasi digelar di Ruang Vanda TP PKK Kaltim di Jalan M Yamin Samarinda. 

Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor mengaku sangat gembira melihat antusias masyarakat dan ibu hamil yang sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Beberapa hari lalu ketika kami buka pendaftaran online, 15 menit saja langsung penuh," kata Norbaiti.

Hal ini menandakan bahwa antusias masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Norbaiti mengatakan vaksinasi kali ini juga diikuti 60 ibu hamil. Mengapa PKK memilih target ibu hamil, karena hingga saat ini kematian ibu hamil masih sangat tinggi di Indonesia, juga Kaltim.

"Risiko terpapar Covid-19 itu sama. Tapi bila sudah terpapar, risiko ibu hamil itu akan lebih berat. Apalagi ada dua nyawa yang harus kita selamatkan di sana," tambah istri Gubernur Kaltim H Isran Noor itu.

Vaksinasi yang digelar TP PKK Kaltim bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kaltim dan Dinas Kesehatan Samarinda itu diberikan kepada 500 penerima vaksin. Rencananya, Kamis besok vaksinasi kembali disiapkan  600 dosis lagi.

Sementara Ketua Perkumpulan Obsetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Kaltim Kaltara dr Handi Wiradarma yang juga hadir dalam vaksinasi tersebut mengungkapkan dari penelitian di seluruh dunia, vaksinasi untuk ibu hamil sangat aman.

Dijelaskan Handi, saat kehamilan umumnya daya tahan tubuh menurun. Maka kondisinya akan semakin berat jika ibu hamil terpapar Covid-19. Karena itu POGI menyarankan agar ibu hamil mengikuti vaksinasi Covid-19 agar memiliki kekebalan terhadap kemungkinan serangan virus ini.

Namun demikian, minimal usia kandungan sekitar 3 bulan untuk bisa mengikuti vaksinasi tersebut. 

"Karena itu penting bagi pemerintah untuk terus mengedukasi masyarakat, termasuk ibu hamil agar mau mengikuti vaksinasi Covid-19 ini. Insyaallah aman bagi ibu hamil," tandas Handi.

Hadir menyaksikan vaksinasi ini Wakil Ketua I TP PKK Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi. (sul/adv)

Berita Terkait
Yuk Mari Ke Rejo Basuki
Yuk Mari Ke Rejo Basuki

08 November 2019 Jam 23:49:59
PKK

Hari Ini PKK Gebrak Masker
Hari Ini PKK Gebrak Masker

16 Agustus 2020 Jam 22:36:59
PKK

PKK Kaltim Dapat Saber Pungli di Kota Batu
PKK Kaltim Dapat Saber Pungli di Kota Batu

23 November 2021 Jam 15:58:53
PKK

Government Public Relation