Kalimantan Timur
TP PKK Kaltim Sosialisasi 3M ke Tenggarong

Dok.humaskaltim

TENGGARONG - Sebagai mitra   pemerintah dalam upaya menekan kasus penularan Covid-19 di Kaltim, TP PKK Provinsi Kaltim bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan  kegiatan Sosialisasi Gerakan 3M. 

Sosialisasi 3M disampaikan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Hj  Norbaiti Isran Noor di hadapan para pengurus TP PKK Kabupaten Kukar, anggota TP PKK kecamatan dan anggota  TP PKK kelurahan, serta undangan lainnya yang digelar di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Selasa (3/11/2020).

Norbaiti  mengatakan  sosialisasi 3M bertujuan untuk memasyarakatkan keharusan mengubah perilaku masyarakat di masa pandemi Covid-19. Caranya dengan 3M, yakni membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dari yang biasanya tidak rutin cuci tangan setelah bepergian.

Kemudian membiasakan menggunakan masker saat ke luar rumah, setelah sebelumnya tidak terbiasa menggunakan masker.  

"Serta membiasakan diri menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang dan menghindari kerumunan untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19," kata Norbaiti. 

Sosialisasi kali ini lanjut Norbaiti,  TP PKK Kaltim   kembali melakukan kunjungan ke  beberapa kabupaten/kota untuk menyosialisasikan 3M, seperti hari ini ke Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Adapun  sasaran sosialisasi TP-PKK kali ini di Tenggarong bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Kutai Kartanegara. 

"Kita harapkan, jika sebelumnya tidak pernah patuh, sekarang harus terbiasa untuk mengantisipasi penularan, dengan tetap disiplin serta patuh menjalankan protokol kesehatan," tandasnya.

Norbaiti juga berharap kepada anggota PKK aktif meningkatkan  sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melaksanakan 3M sebagai upaya  pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan masing-masing. Pasalnya PKK merupakan mitra pemerintah yang ada di setiap jenjang mulai dari pusat, daerah, hingga kelurahan mupun desa.

Norbaiti  juga berpesan kepada  kader-kader PKK di tingkat desa dan kelurahan, kecamatan, kabupaten kota hingga provinsi agar membesarkan organisasi ini sehingga dilihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya membantu pemerintah dalam menekan penularan Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Bekerjalah dengan ikhlas dan manfaatkan organisasi sebagai wadah kita berbuat kebaikan. Di sini kita bekerja secara sosial, tanpa berharap pamrih. Karena kita berniat mengabdi bagi masyarakat. Kader-kader PKK bisa melaksanakan yang disampaikan pemerintah untuk 3M ini," pesannya.

Pjs Ketua TP PKK Kukar Yulaikah Sunggono sangat mendukung sosialisasi 3M yang dilaksanakan TP PKK Provinsi Kaltim.

"Sosialisasi tersebut juga sudah kita dilakukan secara masif pada 10 kecamatan dalam upaya  meningkatkan kesadaran masyarakat, pemuka agama tokoh adat tokoh masyarakat dan unsur masyarakat lainnya, untuk melaksanakan 3M," paparnya.

Yulaikah juga melaporkan  dalam penanganan Covid-19 TP PKK Kabupaten dan kecamatan serta desa juga telah melakukan bakti sosial dengan penyerahan paket sembako bagi warga yang tidak mampu,  imam masjid dan kepada keluarga yang bermata pencaharian  rendah serta usia lanjut. 

Tampak hadir Wakil Ketua TP PPK Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi serta pengurus TP PKK Kaltim, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kukar, ketua  dan sekretaris TP PKK Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu dan Loa Janan. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
PKK Gebrak Masker
PKK Gebrak Masker

15 Agustus 2020 Jam 20:42:03
PKK

Hari Ini PKK Gebrak Masker
Hari Ini PKK Gebrak Masker

16 Agustus 2020 Jam 22:36:59
PKK